nhk

Jelang MotoGP Misano 2019: Rossi, Crutchlow, Espargaro Pensiun Setelah 2020, Lorenzo Duluan?

ManiakMotor – Ini prediksi dan terawang yang memang masuk logika. Terutama umur yang memaksa para pembalap ini kudu setuju, “Seperti saya, umur tak bisa bohong. Apalagi  umur di atas 40 tahun, lebih baik memberi kesempatan pada anak muda. Yang muda sekarang juga ingin masa depan di balap motor,” papar Max Biaggi yang omongannya bukan menyudutkan Valentino Rossi yang kebetulan suidah 40-an. Omongan Biaggi itu ada di sini.

Dari omongan Biaggi ini muncul analis yang disebut saja firasat dari mereka yang telah ‘ngelupas’ di balap motor dunia. Bahwa akan ada gelombang mundur usai periode kontrak 2 tahun yang tepatnya usai 2020. Disebut di situ adalah Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Aleix Espargaro dan Cal Crutchlow.

Nama-nama di atas memang sudah di atas 30 tahun. Usia pada olahraga profesional memang sudah riskan, “Jujur saja. Fisik masih sanggup dan pendukung-pendukung ilmiah yang lain. Tapi dari hal motorik saya sudah tak segesit dulu. Jadi lebih baik berencana berhenti. Di lomba saya memang terlihat kuat. Tapi saat kualifikasi, saya lemah,” papar Crutchlow yang mengira kontraknya sampai 2020 sudah yang terakhir, lantaran saat itu umurnya sudah di atas 35 tahun.

Dari sorotan tadi juga difokuskan pada Lorenzo yang umurnya jalan 33 tahun. Selain usia cidera Lorenzo dari akhir tahun lalu sampai dibawa ke Honda penyebab utamanya. Apalagi cidera tulang belakang di Assen yang diperkirakan akan menghentikan karir Lorenzo lebih awal. Bahkan tidak akan melanjutkan kontrak dengan Honda alias usai kompetisi 2019 ini berhenti.

Tanda-tanda dari Lorenzo saat coba turun di Silverstone berada di posisi belakang. Lalu dilanjutkan tes Misano nggak sampai selesai karena cideranya masih sakit. Tapi Lorenzo sendiri punya alasan tidak melanjutkan tes karena menjaga fisik untuk lomba di Misano pada 15 September 2019. Dia sendiri sudah membantah akan tetap dengan Honda sampai selesai kontraknya 2020. Belum ada pernyataan indikasi mau pensiun. Namun, sudah ada kasak-kusuk calon-calon penggantinya yang bocor ke publik, kalau bukan Johan Zarco atau Alex Marquez.

seperti Rossi yang tahun depan telah 41 tahun. Rossi sama sekali belum memberi sinyal ada tanda-tanda akan berhenti. Pokoknya buat Rossi, kalau dia masih bermain di depan, sampai kapan pun dia tetap balap, nggak tahu sampai kapan???? Apalagi saat ini ada alibi yang memang benar kurang ditunjang tekniks pacuannya. Malah dia menyindir pengritiknya, “Kalau bagus mereka diam, kalau kalah lebih baik di rumah menikmati hari tua,” kata Rossi.

Demikian juga Aleix atau Dovizioso. Khusus Dovi malah keterampilan tertingginya didapat di  umur 30 tahun ke atas. Maret 2019 usia Dovizioso sudah 33 tahun, namun makin memperlihatkan menjadi lawan tangguh di klasemen. Itu mengalahkan yang jauh lebih muda dari umurnya. M11

BACA JUGA

Jelang MotoGP Misano 2019: Max Biaggi Jangan Pura-Pura Kuat Umur 40 Tahun, Nyindir Rossi Nih..!

Jelang MotoGP Misano 2019: Mau Tahu Calon Pengganti Rossi, Ya Quartararo!! Ingin Juara

Jelang MotoGP Misano 2019: Masalah Utama Yamaha M1 Rossi Berpikir Teknis Kecil-Kecilan

Jelang MotoGP Misano 2019: Doohan Nasehati Marquez, Tak Perlu Buktikan Diri Dengan Merek Lain

 

BAGIKAN