Jelang MotoGP Misano 2020: Plin-Plan Hukum Track Limit, Contoh Pol Espargaro Dan Jorge Martin

ManiakMotor – Ada dua kejadian di GP Austria yang berlogo MotoGP Styria pada 23 Agustus 2020 lalu. Terutama soal hukuman track limit alias pembalap menginjak cat hijau melewati batas racing line. Race Direction dan para pengawas lomba utusan FIM  dianggap plin-plan pada aturan.

Nggak perlu banyak contoh di belakang sana. Cukup dari Jorge Martin (Red Bull KTM Ajo) di Moto2. Juaranya di Austria kedua dianulir di depan podium akibat di tikungan akhir dan lap terakhir dia tersorot menginjak cat hijau. Posisinya pun turun satu peringkat jadi podium kedua.

Tidak beberapa jam kemudian di race MotoGP, Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) justru terang-terang out ke track limit, “Namun Pol tidak dapat hukuman. Sedang Martin dihukum. Ini menurut saya Race Direction gagal konsisten menagakkan aturan track limit,” serang Chicho Lorenzo, ayah dari Jorge Lorenzo yang aktif menganalisa MotoGP.

“Kalau begitu. Ini  memberikan contoh ketidak meratanya aturan track limit. Harus ada pengadilan yang lebih memadai dan independen untuk membuat keputusan pada track limit,” tambah Chicho yang menyebut independen alias curiga pada Race Direction, karena Pol yang melanggar hukum tidak dijalankan. Kan Pol di KTM yang jadi tuan rumah di Austria.

Memang belum ada jawaban dari para pemegang kekuasan aturan MotoGP pada kritik Chicho ini. Tentu mereka punya jawaban khusus soal aturan tersebut, terutama Race Direction. Termasuk yang menulis ini punya pandangan sendiri.

Ini hanya kira-kira bro. Track limit ini berlaku saat pembalap tanpa gangguan alias bebas kencang sendiri tiba-tiba nyelonong ke cat biru. Seperti Martin yang saat itu bebas namun motor Moto2-nya saat menuju finish menginjak cat pembatas tersebut.

Beda dengan Pol, dia terpaksa sampai out ke cat hijau, karena saat itu dia duel dengan Jack Miller (Ducati). Pol terdorong ke sisi luar. Jika dia memaksa tetap di jalur, akan benturan dengan Ducati si Jack dan akibatnya sudah bisa dibayangkan buat keduanya.  Posisinya saat itu pun, bila tak ‘terganggu’ si Jack minimum kedua. Artinya tanpa dihukum pun peringkatnya sudah turun sendiri.

Tapi yang paling benar tunggu jawaban Race Direction dan juri. Ok… Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Misano 2020: Quartararo Di Mata Rossi & Chicho Lorenzo, Hanya 20 Point 3 Seri..!

Jelang MotoGP Misano 2020: KTM Usul Aturan Baru Restart Bendera Merah, Agar Adil..!

MotoGP 2020: Usai Austria, Miller Tak Berani, Sampai Posisi Rossi Berpeluang Juara Dunia..!

 

BAGIKAN