nhk

Jelang MotoGP Motegi 2017: Dovi Yakin, Lorenzo Target Podium, Ducati Cocok Sama Karakteristik Trek

Dovi, Motegi, motogp

ManiakMotor – Skuad Ducati sudah tiba di Motegi untuk berlomba di Grand Prix Jepang sebagai ronde ke-15, pekan ini (15/10). Balapan di Negeri Sakuran ini sebagai awal kerja keras pembalap dari tiga rangkaian (Motegi, Phillip Island, dan Sepang) yang berlangsung tiap minggu.

Twin Ring Motegi yang pertama kali jadi tuan rumah motogp pada 1999, punya tata letak sedikit unik. Punya jarak 4,8 km dengan 14 tikungan (6 kiri dan 8 kanan) terdapat satu trek lurus 762 meter dan menurun pula. Ditambnah pula kurva yang ketat, sehingga menuntut pengereman keras dan akselerasi yang baik.

Berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya, Ducati cukup kuat di Motegi. Loris Capirossi menorehkan tiga kemenangan berturut-turut (2005-2007), lalu Casey Stoner 2010 dan juga penentu gelar juara dunia pembalap Australia itu untuk Ducati pada 2007.

Dovizioso punya catatan bagus di sini dengan finish kedua tahun lalu di belakang Marquez. Padahal, ia start dari baris kedua. Ia pernah menang saat balap 125 cc (2004), kemudian dua kali pole position dari lima kali tampil di kelas premier. Ia sangat menyukai trek Motegi.

“Motegi sirkuit khusus, salah satu favorit saya. Anda harus ngerem keras dan saya merasa yakin bisa berada di antara terdepan. Saya cukup percaya diri karena selalu mencetak hasil bagus, dua kali di antaranya pole dan finish kedua tahun lalu,” ujar Dovi yang tahun ini sudah mengantongi lima kemenangan.

Lorenzo pun yang menyukai Motegi berharap bisa menang. Ia menilai Desmo GP17 sangat sesuai dengan karakteristik trek ini. “Jadi, kami memiliki kemungkinan nyata untuk meraih hasil yang bagus,” tutup Lorenzo. Rezki

 

BAGIKAN