nhk

Jelang MotoGP Motegi 2018: Apakah Michele Gadda Berhasil Perbaiki Elektronik M1?

Rossi dan Gadda

ManiakMotor – Baru lalu pihak Yamaha Racing di Jepang membenarkan mempekerjakan wajah-wajah baru di divisi racing. Selain merekrut insinyur asli Jepang, juga memasukan Michele Gadda, ahli elektronik yang selama ini bekerja di Yamaha WorldSBK. Ditenggarai Gadda salah satu yang membuat M1 meningkat di Thailand.

Namanya juga ditenggarai. Bisa karena kedatangan wajah-wajah baru, juga tokoh penting seperti Gadda di elektronik. Kecurigaan besar masalah M1 memang adanya pada elektronik, seperti tuntutan pembalapnya. Ruwetnya dari Silverstone dan Aragon di mana Gadda sudah terlibat memeta ECU M1. Dalam waktu dua minggu sehingga membaik di Thailand, kemungkinan elektronik. Karena nggak mungkin dalam waktu singkat membuat motor baru.

Seperti omongan Maverick Vinales usai podium ketiga di Thailand. Katanya, set-up M1 yang dia gunakan di Thailand hasil kerja dari grup baru tersebut dan Gadda berperan besar di situ, “Kelihatannya dari bidang elektronika dan itulah yang kami butuhkan melawan Honda dan Ducati,” kata Vinales.

Opa Giacomo Agostini, legenda balap Italia, juga menduga ada sesuatu yang ditemukan Yamaha ketika di Thailand. Dia yakin, Yamaha usai Thailand akan menambah tontonan lebih seru  di MotoGP, “Bagi saya mereka (Yamaha) sangat dekat dengan juara di Thailand, saya berpikir mereka dapat sesuatu,” papar Agostini.

Namun pihak Yamaha dan pembalapnya belum sesumbar. Mereka akan lebih yakin ada kemajuan kalau di sirkuit lain, M1 juga tampil seperti di Thailand. Dan paling dekat akan mereka lihat di sirkuit Motegi, Jepang dalam rangka ronde 16 MotoGP pada 21 Oktober 2018. MM

BAGIKAN