nhk

Jelang MotoGP Motegi 2018: Marquez Tentukan Juara Duniaya, Rossi Pastikan M1, Silakan Rekor Dilewati

ManiakMotor – Di GP Jepang ada dua pembalap papan atas yang saling menunggu. Tapi tungguannya kali ini berbeda di acara dari 19 – 21 Oktober 2018 di sirkuit Motegi tersebut. Yakni Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Marquez bisa memastikan juara dunia MotoGP 2018 andai doski di depan Andrea Dovizioso (Ducati). Dengan beda 77 angka menuju Jepang, Marquez harus mengalahkan Dovi, agar selisihnya minimum di atas 75 angka.

Di saat sama, prestasi Dovizioso di Motegi sangat kinclong. Tahun lalu saja Dovi juara di situ, “Apa pun akan kami perjuangkan. Dan akan lebih baik buat Honda memastikan juara di Jepang. Honda tuan rumah di Motegi,” kata Marquez usai juara di Thailand.

Tapi itulah prestasi Marquez, bila juara segera ia akan lima kali juara dunia di MotoGP. Umur 25 tahun masih panjang untuk menyamai dan bahkan melewati catatan Valentino Rossi, “Marquez bisa melewati rekor-rekor saya, silakan. Nggak masalah,” kata Rossi dengan santai.

Di saat sama Rossi ke Jepang bukan untuk melawan prestasi Marquez di klasemen, itu sudah lewat. Cerita mempertahankan posisi ketiga di klasemen, saja nggak dipikirin.  Tapi memastikan kinerja M1-nya. Dia maunya persis Honda dan Ducati yang ok di semua sirkuit. Sedang, M1 baru terlihat meningkat di sirkuit Chang, Thailand baru lalu.

Bagi Rossi, ada perbaikan di Thailand tersebut. Terutama dari akselerasi dan grip ban. Dia berdoa, itu bukan karena karakter sirkuit dan lintasan, “Untuk memastikan itu harus ganti sirkuit. Kalau ok di Jepang, kemungkinan besar M1 sudah punya arah yang benar selanjutnya,” kata Rossi.

Singkatnya dua pesohor MotoGP itu punya agenda berbeda ke Jepang yang saling bertolak belakang. MM

BACA JUGA

Jelang MotoGP Jepang 2018: Perlengkapan Balap Rossi, Butuh Rp 112 Juta, Bisa Kamu Beli

BAGIKAN