nhk

Jelang MotoGP Motegi 2018: Mic Doohan Bandingkan Umur Rossi Dan Marquez Mencetak Rekor

ManiakMotor – Baru lalu Valentino Rossi pasrah saja kalau rekor-rekornya dipatahkan Marc Marquez, terutama jumlah juara dunia. Lantas ditimpali mantan pelatih Rossi dan legenda GP juga, Mic Doohan.

Orang Oztrali ini sebenarnya lebih fokus pada Marquez, tapi tetap menyinggung Rossi. Katanya, dalam umur yang berbeda jauh antara Rossi dan Marquez, tentu peluang lebih lebar mencatak rekor ada pada Marquez, “Marc 25 tahun. Masih panjang dan bahkan karirnya masih bisa 10 tahun ke depan. Sedang Valentino sudah 39 tahun,” papar Doohan yang tak banyak meneropong yang terjadi pada Rossi dengan umur segitu.

Doohan malah terus memuji Marquez. Dia angkat jempol pada talenta dan bakat bermotor Marquez. Dia membawa ide-ide baru menggeber motor di era modern. Tapi menurutnya semua zaman pembalap top, selalu membawa gagasan untuk keterampilan mengendara.

Pembalap yang punya style sendiri itu, menyimpulkan di usia seperti Marquez memang cenderung agresif. Tapi dengan bumbu itu, balapan jadi hidup dan menguntungkan MotoGP itu sendiri, “Saya rasa ke depan dia masih sering menang,” tambah Doohan yang artinya rekor-rekor Marquez masih akan tercipta.

Karena Doohan nggak mengulas khusus perbandingan umur Marquez dan Rossi di saat juara dunia, nih ada catatan yang digali dari berbagai sumber oleh penulis kami. Marquez kalau bisa memastikan juara dunia di Jepang pada 21 Oktober, di umur 25 tahun jalan ke-26 sudah 5 kali juara dunia MotoGP.

Sedang Rossi saat merenggut juara dunia ke-5 pada 2005 saat itu berumur 26 tahun jalan 27 tahun. Artinya, lebih tua 1 tahun Rossi saat merebut juara dunia ke-5 kali. Rossi usai 2005 baru 2008 dan 2009 juara dunia lagi.

Makanya Rossi sangat menyesal melakukan kesalahan pada 2006 gagal juara dunia yang saat itu direbut Nicky Hayden. Usai 2009, Rossi sampai sekarang hanya nyaris juara dunia karena hanya kedua dari 2014, 2015 dan 2016 dan semuanya juaranya Marquez. MM