nhk

Jelang MotoGP Mugello 2017: M1 Nggak Bakal Ngebul Seperti Tahun Lalu????

46 Rossi Mugello 2016

 

ManiakMotor – Tahun lalu dua Yamaha M1 meletus di Mugello, Italia. Agak untung Jorge Lorenzo yang tahun lalu masih dengan Yamaha  mengalaminya saat warm-up. Yang sial Valentino Rossi yang kena penyakit ngebul saat lomba. Padahal kans Rossi saat itu sangat besar di negeri sendiri. Masih ingat kan…

Sebabnya limiter putaran mesin terlewati kendati ECU std telah membatasi pengapiannya. Namun secara mekanis putaran mesin lebih dari batasan. Itu akibat di ujung trek lurus Mugello motor seperti jumping sehingga roda belakang berputar lebih besar mengajak mesin melewati batas. Maka mesin jebol yang disebut  over-revving. Kata mekanik kita sih kesieman….

Tentu saja seukuran tim pabrikan masalah itu telah teratasi termasuk untuk tampil pada ronde 6 MotoGP 2017. Event ini akan berlangsung 4 Juni dan latihan bebasnya sudah mulai 2 Juni. Bahkan usai kejadian di Mugello tahun lalu, sudah dijamin, mapping ECU sudah reset ulang.

Persoalannya settingannya bisa ketemu seperti tahun lalu nggak? Tahun lalu, M1 di tangan Rossi asyik dilihat sebelum ngebul. Di saat sama, Valentino Rossi yang ingin tampil heboh di negaranya empat hari  lalu  mengalami kecelakaan saat latihan motocross. “Ohhh saya baik-baik saja. Hanya tak boleh tertawa lepas, dada masih agak nyeri. Aaya akan hadir di Mugello sejak Kamis (1/6),” bilang Rossi yang dalam kecelakaan tersebut dadannya terhantam setang kemudi special engine.

Okelah, masih ada Maverick Vinales yang akan mengisi dan sekaligus mendeteksi pemetaan ECU berbeda dengan tahun lalu. Kan kalau sama, bisa ikut ngebul M1-nya. Lagian sudah disebut tadi, tim sekelas Yamaha Movistar nggak akan mengulang kesalahan sama. Ya iya, namanya manusia tak lepas dari lalai. Miolo

BAGIKAN