nhk

Jelang MotoGP Mugello 2018: Atraksi Bakat Joan Mir Untuk Tim Pabrikan

ManiakMotor – Pabrikan papan atas yang belum mengontrak pembalap tersentak pada Joan Mir. Pembalap Moto2 yang membela EG 0,0 Marc VDS yang baru tahun ini naik ke kelas menengah. Lalu diisukan bikin kubu Suzuki terbelah antara memilihnya atau Jorge Lorenzo? Juga memaksa Honda dan Ducati harus memalingkan pilihannya pada dirinya.

Sebenarnya kalau yang doyan nonton semua kelas yang diputar Dorna Sport, Joan Mir sangat berbakat. Kelahiran Palma de Mallorca, Spanyol 1997 itu, sejak di FIM CEV sudah digaet Leopard Racing, tim yang konsen pada pembibitan di Eropa. Di Moto3 CEV pun pada 2015 dia hanya ke-5 di klasemen.

Tapi progress Mir luar biasa, nanjak terus. Pindah ke Moto3 dunia di tahun pertama (2016) saja, doski sudah sodok-sodok depan. Pada 2016 itu dia ke-5 di akhir klasemen. Tahun lalu dia juaranya di Moto3 dengan tim sama yang membawanya dari CEV, Leopard Racing, ?Sekarang Mir bersama kami. Ia tetap ikut ke Mugello,” kata Luca Montiron, kepala tim baru EG 0,0 Marc VDS.

Lha kenapa? Sekadar catatan saja, Montiron menggantikan Michael Bartholemy. Usai Le Mans kemarin ada perselisihan tim antara pemilik Marc van der Straten dan Bartholemy. Belum jelas perselisihan mengenai apa di tim EG 0,0 Marc VDS tersebut. Yang jelas, Mir masih akan membalap di situ. Bisa saja masalah tahun depan soal pindah ke tim satelit Yamaha?

Kembali ke Mir. Namanya melejit, lantaran rookie yang langsung acak-acak depan di Moto2 tahun ini. Kemarin di Le Mans dia podium ke-3. Seri-seri sebelumnya main di papan atas yang jarang dilakukan pendatang baru dari Moto3. Makanya bikin melek para pemandu bakat. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Mugello 2018: Legenda MotoGP Rossi, Sekarang Ke Depan Marquez

Jelang MotoGP Italia 2018: Dovizioso Tunggu Marquez Over Acting Di Mugello Sirkuit Cepat

BAGIKAN