nhk

Jelang MotoGP Mugello 2018: Bila Elektronik Biasa Saja, Rossi Pakai Skill Pergelangan

ManiakMotor – Elektronik yang disebut Valentino Rossi jadi persoalan pada motornya terutama ritme akselerasinya. Ketika ketemu sirkuit yang rendah gripnya, irama elektronik kelabakan mengatur antara putaran dan pegangan. Para tukang mapping yang baru juga makin binun, ditambah  suhu trek meningkat membuat kompon kepanasan, roda M1 jadinya licin. Maaf ya, nggak sebut M1 2018 adalah gagal produksi.

Jumpa suhu normal dan aspal kaya akan pegangan, niscaya Rossi bisa mengatasinya. Kan elektronik yang dikeluhkan secara umum pemetaan (mapping) akselerasi. Yang ini boleh diatur dari throttle pada pergelangan The Doctor alias kontrol traksi manual yang sebelumnya tugas utama elektronik.

Apalagi Rossi menguasai sirkuit Mugello, Italia yang akan dipakai ronde 6 MotoGP 2018, pekan ini. Rossi tahulah celah-celah racing line agar pergelangannya lebih jitu dari elektronik, “Walau tes di Mugello sebelum GP Prancis kurang cepat seperti yang diinginkan, saya rileks menghadapi GP Italia. Itu lantaran podium di Le Mans,” papar Rossi yang pernah juara berturut di Mugello dari 2002-2008. Waw…

Namun, lepas dari 2088 itu, Rossi belum pernah juara di kampung dewek, dia cuma tiga kali podium ketiga yakni 2009, 2014 dan 2015. Tahun lalu dia keempat dengan isu patah kaki saat latihan moto-x. “Karena tes Mugello kurang berhasil, menghadapi lomba nanti tetap kerja keras meningkatkan motor,” tambah Rossi yang mengklaim Yamaha cocok dengan Mugello.

Kalau cocok artinya itu urusan mekanis seperti di Le Mans menurut The Doctor baik-baik saja, elektronik sudah urusan kesekian. Namun persoalannya, elektronik lawan sudah sangat apik. Pembalapnya jadi lebih rileks mendorong akselerasinya, ketimbang yang pakai ‘manual’.

Wah… kalau itu sih urusan mekanik dan pembalap. MM

BACA JUGA

Jelang MotoGP Mugello 2018: Modal Marquez Tercepat Dari Tes

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Mugello 2018: Lorenzo Ditampung Yamaha. Akh Masak Sih..?


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353