nhk

Jelang MotoGP Mugello 2018: Legenda MotoGP Rossi, Sekarang Ke Depan Marquez

ManiakMotor – Ini analisa yang kerap menulis MotoGP dari negaranya Valentino Rossi sendiri Italia dan Marc Marquez dari Spanyol. Mereka memainkan data yang ada dan fakta yang terjadi. Tentu saja mengamati perbedaan usia yang terpaut sangat jauh (14 tahun) untuk sebuah game profesional butuh fisik dan otak.

Nggak bisa dibantah dari 15 ronde gabungan 2017-2018 berlalu, Rossi belum pernah juara. Di saat sama, Marquez saban lomba langganan podium, tiga seri belakangan juaranya, “Rossi senjatanya saat ini, tinggal memainkan isu di media,” tulis sebuah website di Spanyol. Walah…

Sebuah situs Italia pemuja Rossi belum setuju dengan itu. Pandangan mereka, Rossi sejak pertengahan serial yang lalu terkendala motor. “Boleh dilihat pada teman setimnya yang jauh lebih muda, Maverick Vinales, nasibnya sama. Vinales juara terakhir di Le Mans tahun lalu,” kata situs berbahasa Italia yang berhaluan pada Rossi tetapi setuju akan sulit buat Rossi mengejar titel ke-10 dengan kondisi Yamaha sekarang. Sekali lagi ditegaskan sekarang, belum tahu besok, termasuk di Mugello minggu ini.

Buat mereka, walau Marquez sudah tahun ke-6 di MotoGP belum pernah melihat pertarungan yang ‘adil’ dengan Rossi. Maksudnya dari Rossi yang kira-kira mewakili skill-nya selagi seusia Marquez. Jika itu terjadi, adalah balapan yang fantastis. Yang ada saling menjatuhkan seperti terjadi di Malaysia dan Argentina. Pertarungan itu tidak menggambarkan performa sebenarnya mewakili tingkatan keterampilan sesuai generasi.

Kesimpulan yang dibuat, sebenarnya keduanya mewakili generasi yang berbeda. Rossi adalah legenda MotoGP yang tak bisa dibantahkan dari masa lalu. Sedang Marquez wajah MotoGP sekarang dan ke depan. Setuju nggak sampeyan? Tonton dulu dong di sirkuit Mugello, Italia minggu ini, kandangnya Rossi! Raider

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Mugello 2018: Atraksi Bakat Joan Mir Untuk Tim Pabrikan