nhk

Jelang MotoGP Mugello 2018: Sirkuit Klasik Sama Dengan Rossi. Ducati Di Negeri Dewek

Mugello Lama

ManiakMotor – Sirkuit Mugello disebut klasik karena sudah begitu lama digunakan untuk grand prix (GP) yang sekarang disebut MotoGP. Selama itu layout Mugello nyaris tak berubah. Punya trek lurus yang bengkok dan di ujungnya seperti ada gundukan membuat motor terbang. Beda dengan Sentul yang makin lama, makin klasik. Maksudnya nggak pernah dibenarin sampai seaspal-aspalnya tambal sulam.

Mugello yang di Italia itu dan minggu ini digunakan ronde 6 MotoGP 2018 pada 3 Juni, walau tetap begitu bentuknya, selalu dirawat. Fasilitasnya disegarkan sesuai tuntutan alias sangat modern.  Pastilah aspalnya sudah sering diganti agar nggak tambal-tambalan seperti Sentul.

Ronde 6 nanti, GP yang ke-33 di Mugello. Pertama kali sirkuit itu untuk acara GP pada 1976 dengan menu utamanya GP500 yang dimenangkan Barry Sheene dan hanya menang 0,1 detik dari Phil Read. Lombanya saat itu berlangsung  62 menit. Waduh, panjang amat ya. Lalu, Mugello sejak 1991 tak pernah putus sampai sekarang.

Kan disebut klasik tadi, desainnya sama sejak tahun 1976. Panjang lintasan resminya tetap 5.245 km seperti sekarang. Ada 15 tikungan yang 9 ke kanan dan sisanya ke kiri. Trek lurusnya 1.141 meter yang di depan paddock agak melengkung, tetap disebut trek lurus.

Mugello sejak awal dirancang untuk sirkuit cepat. Boleh terdeteksi pada lebar sirkuit yang rata-rata 14 meter sejak awal dibangun. Itu sudah lebar untuk ukuran sirkuit klasik. Juga silakan dideteksi pada kecepatan rata-rata atau average speed pada sirkuit bernama lengkap Autodromo del Mugello ini, adalah 175.9 km/jam.

Bagi pembalap yang ikut di ronde 6 nanti, Valentino Rossi paling banyak mengaspal di situ. Ya iyalah, pembalap paling klasik, ah maksudnya senior. Dia juga termasuk tersukses lewat 7 kemenangan di Mugello. Dia sedang disaingi Jorge Lorenzo yang menang lima kali di sana, tapi akan berat buat JL dengan kondisinya sekarang bersama Ducati. Tahun lalu, Rossi hanya keempat, juara Andrea Dovizioso dengan Ducati.

Oke deh, harusnya balapan yang akan fantastis. Selain pembuktian Rossi jago kandang bersama motor sanggup di situ, Ducati juga membaik di negeri sendiri. Tentu, Honda di tangan Marquez yang saat ini top speednya membaik. Miolo

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353