nhk

Jelang MotoGP Perancis 2017: Nasehat Marquez dan Lorenzo Buat Johann Zarco

ManiakMotor – Kecuali di Qatar, selebihnya finish lima besar membuat Johann Zarco banyak dipuji. Datangnya, dari Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang berhasil menggeser pembalap Perancis itu dari posisi kedua dan finish keempat. Itu hasil tertinggi sebagai rookie 2017. Ya, disanjung asal gak gede kepala aja. Trus, balapnya sradak…sruduk.

Kata Marquez, sensasi Zarco mengingatkannya pada dirinya saat musim pertamanya di kelas utama. Bedanya, MM naik kelasnya akselerasi langsung sebagai pembalap tim pabrikan. Sedang Zarco kini mengibarkan bendera tim satelit Yamaha Tech 3.

“Zarco sudah benar-benar mengesankan sejak di Qatar. Di Jerez, saya sempat bertarung dua, tiga lap karena ban belakang belum panas. Dia mendorong motor pada batas limit, benar-benar agresif, dan hampir kecelakaan,” urai MM. Kalau dia mau belajar, lanjut MM, memang harus seperti itu.

Meski Zarco sempat dikritik Rossi karena agresifnya di Austin. Keduanya hampir senggolan. Lorenzo yang berhasil menguburkan mimpi Zarco naik podium hanya berpesan agar Zarco lebih berhati-hati saat bertarung dengan pembalap lain.

Lorenzo sangat menyukai sikap Zarco karena dia hanya berpikir soal balap aja, dia banyak berlatih dan sangat ditentukan oleh motornya. “Dia harus ewdikit lebih hati-hati karena motor lebih besar dan lebih banyak membutuhkan inersia ketimbang di moto2.

Nah, pekan depan (21/5), balap di rumah sendiri (Le Mans) Zarco tidak boleh mengecewakan pendukung. Kini lah saatnya ia harus naik podium atau sama sekali gagal karena terlalu agresif. Rezki

BAGIKAN