nhk

Jelang MotoGP Prancis 2017: Ducati Punya Pengereman Yang Bagus, Tapi…?

Dovi-Lorenzo, Motogp, Jerez

 

ManiakMotor – Baru lalu, Jorge Lorenzo cerita soal perbedaan di Yamaha dan di Ducati. Katanya dia di Yamaha jarang dan bahkan sama sekeli tidak menggunakan rem belakang. Berbeda di Ducati, kedua remnya kudu difungsikan. Apalagi dengan dihapusnya sayap, pengereman depan dan belakang lebih wajib lagi untuk menghentikan Ducati yang ngetop dengan kecepatan puncaknya.

Diperkuat oleh Andrea Dovizioso dengan wawancara khususnya di crash. Katanya kerjasama antara Ducati dan Brembo (penyuplai perangkat rem) menghasilkan pengereman paling presisi. “Akan tetapi, pengereman yang baik dari Ducati, untuk saat ini belum ditunjang perubahan arah dari motor,” kata Dovi yang bilang untuk mengakali itu dia punya trik sendiri.

Kata Dovi, stabilitas motor di tikungan mengganggu akurasi racing line lantaran dihapusnya winglet. Kadang melebar, padahal tuntutannya harus kembali cepat untuk bersaing dengan lawan. “Jika motor tidak meluncur dengan baik, harus ‘memotong’ tikungan atau masuk lebih awal. Sayangnya cara ini kurang menyelesaikan tikungan dengan cepat. Tapi itulah kompromi yang harus dipilih,” tambah Dovi soal caranya mengendarai sekarang dengan Ducati.

Kompromi itu dilakukan Dovi dengan pertimbangan, akselerasi Desmosedici dianggap mumpuni. Maksudnya tak kalah dengan kompetitor. Cuma sayangnya, sudah terganggu oleh kecepatan tikungan yang dia bicarakan tadi. Itu penyakit bawaan Ducati yang memang lelet menikung. Bisa saja, terpengaruh dorongan motor yang jadi karakter Ducati punya top speed tinggi. Juga soal mesin yang konfigurasi ‘L’ dan baru terbukti bisa juara di tangan Casey Stoner yang rada ‘ugal-ugalan’ menunggangnya.

Oke oce deh, kebetulan nih, di Le Mans, Prancis untuk ronde ke-5 minggu ini yang acaranya mulai 19 – 21 Mei 2017, pengereman yang paling dituntut di sirkuit itu. Kalau ada pengereman keras, pastilah disusul akselerasi keras. Dan rem Ducati kembali diuji di situ yang menurut Dovi pengeremannya sudah banyak berkembang sesuai tuntutan regulasi dan teknologi. Miolo

BAGIKAN