nhk

Jelang MotoGP Prancis 2017: Empat Ronde Tiga Juara, Rossi Belum Tapi Memimpin

MotoGP 2017 bbbb

 

ManiakMotor – Masuk ronde 5 di sirkuit Le Mans, Prancis minggu ini berharap ada juara seri baru. Bisa saja terjadi, mengingat empat seri lalu sudah tiga pembalap yang podium pertama. Yakni Maverick Vinales dua kali, Marc Marquez dan Dani Pedrosa masing-masing sekali. Rossi belum pernah, tapi tiga seri sebelumnya paling konsisten yang membuatnya memimpin di klasemen.

Yang juara masih tim pabrik yang itu-itu saja alias dia lagi, dia lagi. Duel mesin V dan in line. “Secara garis besar memang kedua merek ini berimbang. Imbang dari segi pembalap dan teknologi,” sebut situs resmi MotoGP

Kedua pabrikan ini pun bisa diprediksi akan mengubah peta tahun lalu yang melahirkan banyak juara setiap seri. Kenapa? Karena ini tahun kedua dalam pelaksanaan aturan baru pada mesin segel dan elektronik seragam. Kedua pabrikan ini menyerahkan mesin yang akan disegel diyakini sudah jaminank. Elektronik seragam pun sudah tertangani.

Data  tahun lalu sampai ronde lima masih sama, hehe, dikuasai pabrikan Yamaha dan Honda. Juga sama, tiga pembalap bergantian juara yang saat itu masih ada Jorge Lorenzo di Yamaha. Berbeda tahun ini, juga tiga pembalap, dan Vinales seperti mengganti peran Lorenzo di Yamaha. Ada perbedaan sikit juga, juaranya Dani Pedrosa di ronde 4. Tahun lalu, Pedrosa baru juara di ronde 13 dengan berbagai persoalan dia. “Tahun set-up motor langsung bisa diarahkan,”  jawab Pedrosa yang langsung berada di posisi empat klasemen dengan juara Jerez.

Tahun ini masuk ronde lima, dari empat pembalap pabrikan Honda dan Yamaha, Rossi belum pernah juara seri. Tapi dia bisa memimpin klasemen, lantaran di tiga seri sebelumnya selalu podium bahkan kedua dua kali. Di saat sama pesaingnya di tiga besar ‘membakar’ point alias nggak finish.

Berarti Le Mans ini menjanjikan tontonan. Rossi untuk bertahan di klasemen kudu juara. Selisih dengan Vinales yang kedua hanya 2 angka. Marquez yang ketiga hanya 4 point. Artinya, di antara Vinales dan Marquez jika juara, Rossi sendiri bisa runner-up di Le Mans, tetap saja pointnya dilewati. “Kita lihat saja nanti di Le Mans dengan  persoalan ban yang dibawa dari Jerez,” kata Rossi yang berharap saat pindah sirkuit, karakter bannya bisa berubah lantaran karakter aspal Le Mans yang baru diganti.

Apakah Rossi melengkapi empat juara dari dua pabrikan? Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353