nhk

Jelang MotoGP Prancis 2017: Marquez, Le Mans Sirkuit Stop And Go, Klasemen Dekat

93 Marquez 2017 Prn

 

ManiakMotor – Sejarah sejak era MotoGP yang melombakan mesin 4T, belum pernah ada juara dunia yang usai ronde 2 berada di klasemen ke-8.  Seperti Marc Marquez tahun ini. Tapi itu rupanya malah jadi tantangan buat Marquez. Masuk ronde 5 ini dia hanya tertinggal 4 point dari pemimpin klasemen.  Itu dari hasil juara di Amerika dan di Jerez kedua.

Bila penunggang RC213V Big Bang itu juara di sirkuit Le Mans, Prancis pada Minggu 21 Mei 2017, dia langsung memimpin klasemen. Tidak peduli posisi Rossi kedua sekalipun.  “Untuk itu harus bekerja keras di Le Mans. Ini sirkuit sangat berbeda. Le Mans memang seperti Jerez yang sempit dan pendek. Tetapi, Le Mans menganut karakter stop and go,” sebut Marquez.

Memang benar sih, Le Mans di negara yang rakyatnya berbahasa Prancis itu, banyak mengerem dan banyak juga cabut-cabutnya alias stop and go. Sirkuit yang tidak mengalir. Panjangnya 4.2 km, tapi tikungannya ada 14 yang lima ke kiri dan enam ke kanan. Panjang trek lurusnya hanya 674 meter. Sudah gitu lebar maksimum 13 meter yang otomatis motor nggak bisa diluncurkan seenaknya.

Tapi Marquez menyebut sedikit menyenangkan untuk tampil di Le Mans. Berarti nggak banyak. Karena Marquez di MotoGP baru sekali menang di sana saat 2014. “Untung permukaan trek Le Mans kelihatan segar dengan aspal barunya. Cengkeraman ban harus lebih baik,” harap Marquez yang tahun lalu hanya finish ke-13 kerena terjatuh namun bisa meneruskan lomba.

Kalau ban bersenyawa dengan aspal sesuai harapan Marquez pada aspal baru Le Mans, itu baik buat MotoGP. Baik buat para joki dan baik pula buat penonton di sirkuit langsung dan di televisi. Sirkus MotoGP akan jadi meriah. Tapi itu semua akan baru terbukti saat memulai sesi latihan pada hari pertama pada Jumat 19 Mei 2017.

Tunggu saja bro. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353