nhk

Jelang MotoGP Prancis 2017: Trek Aspal Baru, Michelin Sodorkan Asimetris Untuk Depan

ManiakMotor – Pekan ini (21/5), motogp berlangsung di Prancis sebagai ronde kelima. Sirkuit Le Mans sebagai arena balapan memang tidak asing bagi pembalap, tapi perlu mencari setelan yang pas lantaran permukaan trek aspal baru. Kebetulan, penyuplai ban tunggal Michelin membawa model baru asimetris untuk depan.

Dari hasil pengujian pada aspal baru di kandang sendiri, perusahaan ban Prancis telah menyiapkan berbagai pilihan. Ada kompon lunak (soft), sedang (medium), dan keras (hard) sesuai dengan tingkat pegangan yang lebih baik.

Sementara trek Le Mans berjarak 4,9 km dengan dominan tikungan ke kanan (9) dan kiri (5), tapi stop-go tidak terlalu keras pada ban. Justru, permukaan trek yang baru memberi pegangan lebih banyak. Nah, ban asimetris ini sebagai solusi mengatasi pegangan, ditingkatkannya manuver ke kanan dan dicocokan dengan semua jenis ban belakang.

Mengenai ban asimetris bukan yang pertama dan pernah dipakai di Sachsenring, Aragon, Phillip Island, dan Valencia tahun lalu. Bedanya, yang baru ini mempunyai profil dan konstruksi untuk 2017. Bahkan ban baru dengan konstruksi alternatif yang sudah diuhi di Jerez, kemarin, siap akhir pekan ini.

“Kami telah melakukan tes yang bagius di sini (Le Mans) awal bulan ini dengan kondisi trek baru. Aspal baru akan memberi pegangan di tempat kering, juga memiliki adhesi yang mengesankan di saat trek licin,” ujar Piero Taramasso, Manajer Roda Dua Michelin Motorsport.

Nama ban baru khusus hujan Michelin Power Rain akan disodorkan dua pilihan. Ada senyawa lembut dan sedang. Rezki

BAGIKAN