nhk

Jelang MotoGP Prancis 2018: Mesin RC213V Marquez Sensitif Pakai Lengan Ayun Karbon

ManiakMotor – Lengan ayun (swing arm) pasti brosist sudah tahu. Yang belum tahu, nih dikasih tahu. Itu loh dudukan sokbreker (monosok) belakang sekaligus pengapit roda belakang juga. Fungsinya mengayunkan roda belakang maka disebut lengan ayun. Material sampai tebal-tipisnya lengan ayun memengaruhi karakter motor yang menggunakannya, bahkan satu kesatuan dengan reaksi mesin.

Begitu yang akan dibicarakan Marc Marquez pada Honda RC213V pakai lengan ayun karbon. Katanya, di sirkuit Austin dan Jerez lengan ayunnya dari material tersebut, “Pakai swing arm karbon, memang sensitif terhadap reaksi mesin. Ada penyesuaian sidikit dari cara membawa RC213V,” kata Marquez yang masih akan mendalami manfaat lengan ayun tersebut.

Pasalnya, Marquez sendiri walau sudah diapakai pada dua balapan berlalu, belum tahu persis keuntungan besarnya. Yang dia tahu, mesin lebih sensitif.  Mungkin maksudnya, setiap kali digas akan terasa ke roda atau body work bagian belakang. Lalu dimanfaatkan oleh Marquez untuk membelok tajam-tajam.

Sering kelihatan juga, di sesi FP di Jerez kemarin, Marquez masih sesekali RC213V-nya masih dengan lengan ayun aluminium. Dia sedang membandingkannya? “Saya belum bisa bilang mana yang terbaik. Yang penting harus beradaptasi setiap perubahan. Ini usaha Honda juga demi peningkatan motor pakai lengan ayun karbon. Tapi saya rasa masih butuh waktu,” pungkas Marquez.

Lihat saja nanti, apakah lengan ayun dipakai lagi di Prancis.  MM

BAGIKAN