nhk

Jelang MotoGP Qatar 2017: Bila Hujan, Tergantung Joki Balap Lanjut Atau Tidak

Hujan Tes Qatar moto2 moto3 2017
Hujan saat tes Moto2 dan Moto3 di Losail

ManiakMotor – Hujan lebat yang mengganggu jalan testing Moto2 dan Moto3 di Qatar dua hari lalu menjadi peringatan. Diperkirakan hujan akan kembali turun dan tidak tertutup kemungkinan tepat saat race MotoGP pada 26 Maret 2017 malam di Losail? Nah, hanya Tuhan yang tahu soal itu.

Namun panitia MotoGP sudah menghitung berbagai kemungkinan. Andai hujan saat race, apakah lomba dijalankan atau tidak? “Kami sudah menguji lebih dalam soal cahaya lampu pada malam hari dalam kondisi hujan. Tetapi itu semua, keputusan ada pada kesepakatan peserta,” jelas Mike Webb sebagai race director MotoGP.

Web memang sudah menginstruksikan pada MotoGP safety officers Loris Capirossi and Franco Uncini. Keduanya mendeteksinya ketika test Moto2 dan Moto3 saat hujan lebat. Keputusan keduanya, bahwa sangat riskan untuk mengandakan lomba ketika hujan.

Pantulan cahaya dari lapisan air seperti cermin menganggu pandangan. Itu masih ditambah uap fatamorgana dari aspal yang ikut mengacaukan penglihatan. Belum lagi bila ada cahaya merah yang makin bikin silau.

Tapi sekali lagi tergantung keputusan pembalap tadi. Apakah mereka mau? Selanjutnya panitia MotoGP tetap mempersiapkan kondisi terburuk. Mereka telah memberitahukan pada Michelin sebagai penyedia ban untuk membawa ban basah. Ban basah ini juga jaga-jaga untuk melakukan testing untuk meyakinkan peserta MotoGP bila kondisinya basah.

Hujan menjelang balapan dan nggak keburu kering di Losail pernah terjadi pada 2009. Balapan Minggu malam di sana ditiadakan. Untung negara kaya dan memaksa ditunda sampai Senin malam. Doakan saja tetap kering. Itu tadi, Tuhan yang menentukan. MM

BAGIKAN