nhk

Jelang MotoGP Qatar 2017: Dorna Bikin Balap Motor Listrik, Start 2019, Kelas Pendukung MotoGP

Dorna, motor listrik, Motocysz
Balap motor listrik MotoCzysz E1

ManiakMotor – Dorna Sport, pemagang hak media untuk motogp dan kejuaraan dunia superbike (WSBK), punya rencana menggelar balap motor bertenaga listrik. Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta sudah bincang sama tokoh2 di Spanyol dan publik Amerika sangat respek. Bentuk motor akan menyerupaai moto2.

Target Dorna balap motor listrik ini pada 2019 dan berseri. Keberadaannya akan meneruskan kejuaraan FIM e-Power yang sekarang sudah mati. Tentu, saat penyelenggaraan nanti formatnya tidak sama dengan pendahulunya.

Rencananya, balapan berlangsung sebanyak lima seri. Setiap lomba menempuh 10 lap. Karena motor listrik beda dengan mesin konvesional yang ada kapasitas mesin, untuk listrik ini dibatasi kecepatan maksimum 200 km/jam.

Balapan ini akan menjadi kelas pendukung (supporting class) dari motogp. Motornya merupakan satu merek dan sampai kini sudah ada dua merek yang menyatakan minatnya. Dorna berharap penyuplai berasal OEM seperti MotoCzysz E1.

Sebagai pesertanya, Dorna Sport akan memprioritaskan tim-tim yang ada di paddock motogp, juga moto2 dan moto3. Mereka dikasih formulir untuk menyatakan minatnya. Sekarang ini balap motor listrik sudah jalan di Isle of Man TT yang didominasi tim Mugen. Kalo memang Dorna yang tangani bisa jadi balap ini akan sukses. Rezki

BAGIKAN