nhk

Jelang MotoGP Qatar 2017: Fairing Ducati Dan Honda Akan Diperiksa

Fairing-1a

 

ManiakMotor – Tadinya dikira fairing Honda RC213V milik Repsol Honda Team yang paling radikal saat tes Qatar. Akal-akalan winglet RC213V itu lebar dan sifatnya bolt on atau bisa dicopot, dipasang dan diubah-ubah sudutnya. Padahal aturan 2017, setiap yang menempel pada fairing nggak boleh diatur-atur atau disetel. Dia harus paten sebagai kesatuan fairing alias internal. Tapi ternyata Honda membawa dua fairing, salah satunya paten.

Oh mengagetkan! Ducati sebagai ‘penemu’ winglet sebelumnya, mengeluarkan fairing yang ekstrem. Sejurus dengan kinerja Ducati saat tes Qatar yang ngelawan. Kontan jadi pertanyaan legal atau ilegal? “Selagi masih dalam tes dan belum sampai di seri pertama di Qatar, semua model fairing bisa dipakai. Tetapi saat ronde pertama di Qatar nanti, wajib sesuai aturan,” sebut Direktur Teknik MotoGP Danny Aldridge yang menjadi hakim soal mengakali winglet eksternal yang dilarang itu.

Fairing masih akan diperiksa ulang

Menurut komisi teknik MotoGP, produsen nggak wajib memperlihatkan fairing yang mereka rekayasa untuk efek aerodinamisnya sebelum seri pertama. Tapi secara pribadi Danny meminta mereka memperlihatkan basisnya dalam tes. “Beda bila muncul di seri pertama di Qatar dan fairingnya illegal, produsen itu sendiri yang nanti punya masalah,” tambah Danny di crash.

Danny memang belum melihat secara langsung fairing Ducati, lantaran saat bersamaan dia berada di tes Moto3/Moto2 Jerez. Akan tetapi dia sudah dapat laporan dan nggak peduli dengan desain. Yang penting sesuai bunyi aturan. Bahwa sirip aerodinamius berbentuk fairing.
Sirip-sirip sebagai pengganti winglet, nggak boleh ada sendi-sendinya yang bisa dicopot dan dipasang atau diubah sudutnya. Kalau seperti itu, berarti masih sama dengan winglet yang dilarang tahun lalu. Maksudnya masih eksternal.

Intinya lima hari sebelum seri pertama di Qatar semua fairing akan diperksa sesuai aturan yang diterapkan 2017. “Kami tidak melihat desain, tapi konstruksinya,” sebut Danny sembari bilang semua fairing yang dipakai dalam tes belum dihomologasi. Walau seperti milik Yamaha dan Suzuki yang pernah dibilang Danny sesuai aturan. Berarti semua diperiksa dong, tidak seperti judul itu. Miolo

BAGIKAN