nhk

Jelang MotoGP Qatar 2017: Marquez Kalah Duluan? Katanya Gayanya Tak Cocok Di Losail

93 mm tes Australia2017-1

ManiakMotor – Memang sih dilihat dari hasil tes pramusim di Qatar, Marc Marquez rada keteteran. Dari akumulasi tes dia hanya ke-11. Bukan berarti Honda RC213V payah di sirkuit Losail yang dipakai untuk ronde perdana MotoGP 2017. Teman setim dari Repsol Honda Team, Dani Pedrosa kan ketiga dalam test tersebut.

Bisa saja Marquez merendah. Katanya, targetnya hanya sekadar podium di Qatar. Dia nggak muluk-muluk amat. Tahu akan dirinya terhadap sirkuit Losail. “Ada tiga titik pengereman yang sangat kuat. Di situ butuh stabilitas wilayah depan motor dan trik balance dari pembalap. Mungkin Losail bukan lintasan terbaik untuk karakter mengendara saya,” jelas Marquez yang tahun lalu sudah susah payah podium ketiga.

Bukan berarti Marquez sudah kalah duluan dari mereka yang sangat cepat saat test. Kan dibilang tadi target podium. Lebih lagi terhadap Maverick Vinales yang geber M1 seperti nggak ada matinya di Losail. Lalu ada Ducati yang juga enak kitir-kitir di sepanjang 5.4 km dihiasi  16 tikungan Losail. Silsilah Yamaha dan Ducati, kerap juara di Losail dalam dua tahun terakhir.

Marquez juga meneropong spesifikasi Losail yang punya tipe khusus. Karena berada di tengah padang pasir, pasir halusnya mudah masuk ke lintasan yang membuat racing line tiba-tiba licin. “Ronde pertama setiap musim juga khusus. Biasanya pembalap sedikit grogi,” sebut Marquez entah menyindir dirinya yang memang benar gugup atau lawan.

Lawan yang dimaksud seperti tulisan lalu terhadap Vinales yang sangat diunggulkan. Tekanannya yang disebut Marquez gugup tersebut bagian dari situ. Makanya, tes dan balap sebenarnya selalu berbeda. Itu menurut Marquez harus dijaga dengan memainkan ritme membalap dengan set-up motor yang mampu disusun untuk race.

Beda lagi dengan Pedrosa yang tak mau berandai-andai dengan prediksi diri sendiri. Baginya tim dan pembalap di MotoGP semua berpotensi sakses, termasuk dirinya. “Yang harus dilakukan harus siap menghadapinya. Kalau itu, tim, saya dan motor sudah siap,” timpal Pedrosa dalam rilis dari timnya yang tembus ke email maniakmotor.com. Miolo

BAGIKAN