nhk

Jelang MotoGP Qatar 2017: Vinales Vs Marquez, Sama Ahli Rem Deras, Nyali Kencang

Marquez dan Vinales sempat duel saat tets Australia
Marquez dan Vinales sempat duel saat tets Australia

ManiakMotor – Skill Maverick Vinales di jok M1 dan Marc Marquez dengan RC213V dianggap mirip. Keduanya piawai mengubah arah tikungan menjadi tajam diawali pengereman keras, dekat titik belok. Yang lebih sama lagi, keduanya bernyali melarikan motornya kencang bangat.

Itu yang bicara lawan Marquez dan Vinales di MotoGP 2017 loh. Namanya pasti sampeyan kenal. Siapa lagi kalau bukan Jorge Lorenzo. Lorenzo ini yang digantikan Vinales di Yamaha. “Cepat atau lambat, Vinales akan jadi juara. Tapi lebih utama lagi, di MotoGP 2017 ada pengendara yang sama tipikalnya. Yakni Vinales dan Marc,” sebut Lorenzo yang dikutip dari radio FM El Larguero di Spanyol.

Menurut juara MotoGP tiga kali itu, kemampuan yang ada pada Marquez, ada pula pada Vinales. Dia contohkan keduanya punya kesamaan melambatkan motor dalam pengereman deras di depan tikungan. Namun masih bisa masuk dan keluar tikungan dengan cepat. Justru di situ kelebihan keduanya.

Lorenzo juga sadar, parameter yang dipakai untuk Vinales baru dari tes Sepang dan Philip Island. Terutama lagi sejak naik M1. Tapi itu tadi, katanya cepat atau lambat, Vinales bisa juara. “Saat ini Vinales dan Marquez yang akan cepat. Keduanya juga punya persamaan untuk membawa motornya sangat cepat. Itu bisa saja sama cepat di saat lomba,” tambah Lorenzo yang malah jadi pengamat.

Makanya ketika dibelokan pertanyaan tentang dirinya dia tetap santai menjawabnya. Nggak a-e-o. Dia sadar menggunakan Ducati yang masih butuh penyesuaian. Untuk juara di tahun pertama dengan Ducatiu dia belum berpikir. “Tapi bisa saja di sirkuit-sirkuit tertentu untuk juara seri masih terbuka,” pungkas Lorenzo yang kira-kira seperti sirkuit Austria. Miolo