nhk

Jelang MotoGP Qatar 2019: Rins Sangat Siap Balapan, Suzuki Terbaik Sejak Kembali 2015

ManiakMotor – Laju Suzuki GSX-RR saat test di Losail, Qatar beberapa waktu lalu, ternyata terbaik sejak mereka kembali ke MotoGP 2015. Walau pun hanya dalam testing, tapi larinya GSX-RR dianggap kosnsisten. Saat simulasi balapan pun, justru Suzuki yang terbaik di antara peserta.

Tentu saja GSX-RR yang berada di tangan Alex Rins. Pembalap dari Spanyol ini di tes Qatar hari pertama bisa kedua. Eh hari kedua dia yang tercepat dengan 1:54.593. “Jujur saja, nggak perlu disimpan-simpan, apalagi rahasia. Motor saya sudah sangat siap untuk balapan di Losail,” kata Rins yang hari ketiga ke-11 tapi mengaku sudah nggak memburu catatan waktu, namun konsentrasi setelan balapan. Rins juga hari ketiga mengalami kecelakaan dan menganggu simulasi ulang.

Rins di kalangan tim dan orang-orang Suzuki dipandang pembalap jenius di bidang teknis. Terutama dia sangat mengerti teknis dan feelingnya bekerja dengan baik untuk pengembangan motor. Semua suku cadang yang dibawa ke Qatar saat tes terakhir atas saran Rins. Termasuk mempertahankan motor 2018 namun dengan penyegaran suku cadang yang diinput Rins. Di situ ada mesin, sasis, knalpot, aerodinamis dan sebagainya deh.

Dan hebatnya aneka part baru yang dibawa ke Losail, semua-mua-nya berhasil dicoba Rins. Mantap katanya, bahkan beberapa mampu menaikan kijerna GSX-RR, “Kami melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan tes ini. Kami menguji semua dibawa Suzuki. Ada banyak bagian bagian yang sesuai harapan. Sangat sedikit yang negatif. Hasil akhirnya positif. Makanya sudah siap balapan,” tambah Rins dengan wajah memang sudah sangat tak sabar untuk balapan.

Rins juga pernah bicara punya target yang lebih dari podium seperti yang dilakukan lima podium 2018. Maksudnya ingin juara satu, podium pertama yang belum didapatnya tahun lalu. Sekali lagi, untuk juara ini dia juga sudah sangat siap. Tapi untuk menjadi juara dunia dia belum berani mematok, lantarah tahu diri.

Pada intinya, kinerja GSX-RR saat ini diklaim terbaik sepanjang Suzuki kembali ke MotoGP 2015 setelah menghilang. Itu yang mengklaim bukan Rins, namun dari Suzuki sendiri.  MM

 

 

BAGIKAN