nhk

Jelang MotoGP Qatar 2019: Waspada Dengan Perkembangan Lorenzo Pakai RC213V

ManiakMotor – Apa yang dikatakan Jorge Lorenzo saat pertama kali naik RC213V adalah cermin. Perkataannya itu dia bicarakan saat di sirkuit Valencia, paling awal geber Honda. Omongannya sebagai kaca dia cepat mengatasi tuh motor racikan sayap tunggal.

Fakta setelah absen di tes Sepang yang katanya masih penyembuhan cidera pergelangan tangan, doski maksimal di hari terakhir testing Qatar. Waw… Lorenzo juga mencetak 1:54 yang tepatnya 1:54.653. Itu hanya selisih 0.445 detik dari Maverick Vinales yang tercepat.

Nih perkataan Lorenzo awal geber RC213V. “Itu motor terasa sangat ramping. Perasaan lebih kecil. Juga sangat dekat dengan lintasan. Kalau model seperti ini, otomatis lebih stabil dan meyakinkan untuk menikung,” papar Lorenzo.

Tentu saja, Lorenzo sedang membandingkan dengan Ducati yang dua tahun dia geber. Ducati yang menurut Lorenzo ‘kebesaran’ bodi dan agak tinggi posisi joknya, juga bisa dia taklukan pada akhirnya. Apalagi Honda yang dia sebut tadi..! Terasa ‘mudah’?

Bukti saat tes yang cerita hari ketiga di Qatar tadi. Menurut Lorenzo dari hari pertama tes dia terus mencari setelan RC213V dan itu berkembang, “Sekarang saya sudah dekat dengan mereka yang cepat.  Jadi sangat puas. Ini menunjukkan, kita punya potensi dan jika terus begini cara kerjanya, potensi itu makin tinggi,” tambah Lorenzo yang masih tetap pasang ‘strategi’ ronde pertama mengaku belum siap.

Makanya dengan kecepatan di Losail itu, para pesaingnya memang kudu hati-hati. Adaptasi Lorenzo ke RC213V terlihat sangat mudah. Dia bisa membalikan keadaan dengan Honda-nya. MM

BAGIKAN