nhk

Jelang MotoGP Sachsenring 2018: Dovizioso, GP18 Digeber Lewat Limit, Masalah Sepele Jadi Besar

ManiakMotor – Kelemahan kecil menjadi sangat besar ketika motor digeber di atas limit terus. Belum lagi ada lawan yang lebih cepat, hal ringan menjadi terasa berat.

Itu alasan Andrea Dovizioso lima lap terakhir di Assen, Belanda tak bisa kejar Marc Marquez.  Di Sachsenring minggu ini, problem itu akan diatasi, “Khusus motor saya, sudah terasa sejak di Catalunya. Ada sesuatu yang kurang bekerja pada motor dan terasa saat digeber di atas limit terus. Terutama mengelola slide di dalam tikungan,” papar Dovi yang akhirnya hanya keempat di Assen.

Menurut Dovizioso, itu terasa di akhir-akhir lap saat bannya mulai kritis. Dia sudah tak bisa menjalankan feelingnya dengan tepat, “Hal kecil tapi menjadi besar dengan bertempur di atas batas motor. Terasanya di akhir-akhir lap,” tambah Dovizioso sembari menunjuk di awal lap persoalan itu tak muncul. Makanya dia dan Lorenzo bisa di depan dalam 16 lap dari 26 lap.

Solusi dari sini, Dovizioso meminta perubahan winglet sikit. Orang Italia ini belum sebut bagian mana dari sayapnya yang diubah agar aerodinamika motornya nggak menguras kompon. Tapi itu diyakni akan mengatasi masalah, khususnya umur ban sampai akhir lap.

Dovi juga cerita di Crash, bahwa gayanya berbeda dengan tahun lalu memperlakukan ban. Maka settingan winglet di Jerman nanti yang balapannya 15 Juli 2018, akan dikawinkan dengan setelan bagian lain, “Intinya akan membuat nyaman motor di akhir lomba terutama slide-nya,” pungkas Dovi yang saat di klasemen ke-5 selisih 59 point dari yang memimpin. Raider

BAGIKAN