nhk

Jelang MotoGP Sachsenring 2018: Kiat Marquez Lima Kali Juara Jerman Tanpa Putus

ManiakMotor – Dari 2011 sampai tahun lalu, sirkuit Sachsenring, Jerman dijuarai Honda. Sebelum Marc Marquez datang, empat kali Dani Pedrosa juara di situ yang tiga kali berurutan 2010-2012 . Begitu Marquez muncul, sirkuit yang hanya 3.671 meter ini disikat anak Spanyol tersebut.

Diprediksi ronde 9 MotoGP yang sudah mulai berlangsung 13 Juli dan race 15 Juli 2018 di tempat itu, akan dijuarai lagi oleh Marquez, “Saya selalu mendapatkan ritme yang bagus jika di Sachsenring. Dia mirip-mirip dengan Austin,” kata Marquez yang kalau dihitung dari semua kelas dia sudah 8 kali menang di Sachsenring dan semuanya diawali dari pole position.

Dari sini, ya di Sachsenring, tipikal Honda memang mumpuni, sirkuit stop and go. Butuh akselerasi awal yang kuat yang ada pada RC213V. Di gigi-gigi rendahnya terpakai di sirkuit tersebut. Bukti sebelumnya juaranya Pedrosa. Kalau Marquez kan memang istimewa.

Pedrosa dikenal dengan kidalnya. Ternyata juga ada pada Marquez yang otak kirinya bekerja baik di sirkuit anticlockwise atau sirkuit yang berlawanan arah jarum jam. Dengan begitu tikungan ke kiri juga lebih banyak. Sachsenring dari 13 tikungan, ada 10 tikungan ke kiri.

Skill ini masih ditambah dari keahlian Marquez yang juga piawai di motocross dan dirt track. Di arena tanah datar dan motocross ini, disebut Marquez juga setara pemain dunia.  Ini berguna di trek macam Sachsenring sehingga tidak heran, Marquez penguasa di sana. Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Jerman 2018: Rossi Hitung-Hitungan Kinerja M1 Di Sachsenring, Menyerah?

BAGIKAN