nhk

Jelang MotoGP San Marino 2017: Michelin Sediakan ‘Misano Tyre’, Ada Keuntungan Buat Pembalap

Misano, Misano Tyre, MotoGP

ManiakMotor – Michelin membawa ban depan baru yang khusus dirancang untuk trek Misano. Komponnya medium, berarti pada MotoGP San Marino ada dua untuk roda depan, pekan ini (10/9). Biasanya, sesuai peraturan, baik depan maupun belakang terdiri dari tiga senyawa, yakni lembut, sedang, dan keras.

Trek Misano yang panjang 4.226 meter punya suhu di lintasan tinggi, permukaan abrasif, dan tekanan yang meningkat. Makanya, suplayer tunggal dari Perancis itu meniadakan ban kompon lunak. Sebagai gantinya, kompon medium, berarti ada dua medium plus satu keras.

Di antara dua medium depan itu, salah satu desainnya sudah dipakai sejak di Mugello. Sedangkan yang baru disebut ‘Misano tyre’ yang dirancang memberi pembalap lebih stabil saat melakukan pengereman dan manuver di trek yang tidak biasa. Ban ini sudah menjalani pengujian untuk memastikan kesesuaiannya.

Untuk tiga jenis ban depan semuanya simetris. Sedang belakang, yang slick asimetris dengan sisi kanan lebih keras mengingat trek ini punya 10 tikungan ke kanan dan 6 kekiri. Sedang dua medium belakang, pembalap harus melesat cepat di awal pemakaian karena perlu mendapat panas.

“Misano rangkaian yang sulit dan rumit. Karena motor bisa menghasilkan suhu ban yang tinggi akibat motor menghabiskan banyak waktu di tikungan yang tajam,” tegas Piero Taramasso, Manajer Michelin Motorsport Roda dua. Dengan belokan kanan 10 dibandingkan 6 kiri, lanjutnya, Misano menuntut sisi kanan lebih keras untuk belakang. “Ini sudah di tes beberapa minggu lalu bersama pembalap top,” pungkas Taramasson. Rezki

BAGIKAN