nhk

Jelang MotoGP Silverstone 2018: Ducati Bantah, Karekter GP18 Lorenzo Tidak Perlu Tiru Yamaha

ManiakMotor – Sejauh ini Jorge Lorenzo sudah tiga kali juara seri dari 11 seri MotoGP 2018 berlalu. Terbanyak kedua setelah Marc Marquez. Lantas tudingan muncul pada kubu Ducati, mereka meracik Ducati seperti karakter Yamaha M1. Motor yang digunakan Lorenzo selama 8 tahun sejak dia naik MotoGP sebelum ke Ducati.

Langsung diluruskan Christian Gabarrini, kepala mekanik yang menangani Ducati GP18 Lorenzo. Katanya, Lorenzo itu pembalap berbakat, diberi motor apa pun dia sanggup, “Memang adaptasinya kelamaan, tapi kami tak perlu harus menerjemahkan Ducati seperti karakter Yamaha. Semuanya itu berbeda, termasuk perubahan tangki bahan bakar,” sebut Gabarrini yang mengaku terus cari akal agar Lorenzo benar-benar nyaman dengan GP18.

Ya iyalah.  Ducati adalah buatan Italia, Yamaha produk Jepang. Dari konfigurasi mesin saja sudah berlainan, mesin Ducati model V yang menyeupai ‘L’ dan M1 adalah mesin sejajar. Dilanjutkan ke rangka sudah pasti menghasilkan struktur sasis yang rasa berkendaranya  berbeda pula.

Ducati punya kartu as dari  Lorenzo sebagai pembalap yang telah ada bukti lima kali juara dunia di kelas berbeda. “Dari sisi teknis sangat sulit dijelaskan. Intinya, harus membuat Lorenzo selalu nyaman. Contoh, Lorenzo tidak perlu menggunakan tenaganya sendiri yang lebih besar  agar bisa membalap dengan benar,” tambah si makan gabah eh Gabarrini, maaf ya becanda.

Gabarrini juga mencontohkan Ducati masih sangat jauh berbeda dengan M1. Gayanya saja beda kok ketika naik Ducati dan Yamaha. Termasuk cara pengereman Lorenzo yang sekarang lebih keras yang tidak bisa ia terapkapkan di Yamaha. Miolo

BAGIKAN