nhk

Jelang MotoGP Silverstone 2018: Masih Tetap Sirkuit Cepat, Jarang Ngerem

Hasil, silverstone, motogp

ManiakMotor – Meski dihiasi 18 tikungan (10 ke kanan dan 8 kiri), sirkuit Silverstone menjadi salah satu sirkuit cepat dalam kalender MotoGP. Memang sih, lebih lambat dari Austria. Sirkuit di Inggris itu, tak perlu banyak ngerem di trek yang digunakan untuk ronde 12 tahu ini yang race-nya berlangsung Minggu 26 Agustus 2018. Bukan bilang gas pol rem blong, loh.

Berarti ada 7 tikungan hanya mengatur putaran mesin tanpa perlu mengerem untuk masuk tikungan. Memang sih ada beberapa tikungan yang bersambung dan memang tak perlu direm di situ. Kecepatan sejak awal sudah pas saat masuk pada tikungan berikutnya. Itu salah satu indikator Silverstone disebut sirkuit cepat.

Dari 11 braking zone itu, 7 termasuk katagori medium dan 4 katagori ringan. Artinya, rem tak terlalu disiksa dan karena itu masalah rem jarang jadi keluhan. “Ada 5 tingkat kesulitan pengereman, Silverstone masuk di angka 3,” begitu kata Brembo tahun lalu, produsen rem seluruh peserta MotoGP yang dikutip portal ini.

Satu-satunya area yang butuh pengereman lumayan keras adalah jalur masuk T7. Tikungan ini berhadapan dengan trek lurus sepanjang 770 meter dari T6 yang dikenal dengan nama Hangar Straight. Di lintasan ini motor Ducati, Yamaha maupun Honda bisa melaju hingga 330 km/jam.

Di ujungnya  harus dikurangi sampai  112 km/jam agar tak bablas ke gravel. Butuh waktu 4,5 detik dalam proses pengereman tersebut yang dimulai dari jarak 252 meter sebelum tikungan. “Lap time pembalap rata-rata dua menit koma sekian di Silverstone, hanya 34 detik yang terpakai untuk pengereman,” tulis kru Brembo pada sirkuit sepanjang 5.9 km tersebut.

Karena itu bro dan sist, tak ada rider yang mengeluh soal rem di Silverstone. Faktor paling krusial adalah ban, terutama daya tahannya untuk 20 laps. Juga agar tahu saja, tahun lalu Ducati yang masih biasa saja juara di situ. Macam mana sekarang? MM

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353