nhk

Jelang MotoGP Silverstone 2019: Aspal Baru Sirkuit, Diragukan Siapnya Ban Michelin

ManiakMotor – Tahun lalu MotoGP Inggris di sirkuit Silverstone gagal terlaksana akibat hujan. Lebih utama lagi aspal baru Silverstone saat itu nggak bisa menyalurkan air sampai jauh. Maka untuk MotoGP 2019 aspal Silverstone direnovasi ulang oleh ahli pengaspalan sirkuit dari Italia bernama Dromo. Namun masih ada keraguan bukan soal genanangan air, tapi pada penggunaan jenis ban Michelin.

Michelin sendiri mengeluarkan kompon baru yang belum pernah digunakan sebelumnya di Silverstone. Dikhawatirkan ban tersebut peka terhadap suhu. Intinya, Michelin belum pernah mengetes ban yang akan dipakai. Mereka hanya mengandalkan data dari perusahaan yang mengaspal ulang.

Manajer Michelin khusus balap motor, Piero Taramasso, menenangkan yang lagi nggak tenang. Katanya, sirkuit Silverstone telah muncul kembali, “Para pekerjanya melakukan  dengan baik. Memang sih kebanyakan masih mempertanyakan soal aspal terhadap ban. Kami telah merancang ban didasarkan pada data yang diberikan oleh perusahaan pengaspalan Silverstone. Kami yakin dengan data dan ban buatan Michelin,” jamin Taramasco sembari bilang bannya telah disesuaikan dengan jenis bebatuan dan dan bahan lain yang dipakai untuk lintasan Silverstone.

Juli lalu, Silverstone digunakan untuk balap mobil. Peserta balap tersebut juga sempat mengeluh. Dan ternyata muncul beberapa benjolan pada aspal, “Itu benar. Tapi secara keseluruhan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Aspal dan ban tidak banyak terdegradasi  saat digunakan balap mobil,” papar Jarno Zaffelli, pemilik Dromo yang mengaspal Silverstone.

Tetap Michelin untuk MotoGP Silverstone ini mengacu pada peraturan soal ban. Pabrikan karet hitam dari Prancis ini menyiapkan empat ban kering yang berbeda untuk roda depan dan belakang dengan versi lunak, medium dan dua keras. Termasuk untuk ban depan yang lunak dan belakang a-simetris. Itu pun Michelin masih membawa dua tambahan untuk jaga-jaga.

Tunggu saja kegiatan ronde 12 di Silverstone berlangsung 23 – 25 Agustus 2019. Kalau ban nggak siap, kan akan seperti di Philip Island, Australia yang balapannya dibikin masuk pit ganti motor dengan ban baru. MM

BACA JUGA

Jelang MotoGP Silverstone 2019: Bos Tech3 Poncharal Sulit Memahi Zarco

KymiRing Sirkuitnya MotoGP Finlandia 2020: Dites 6 Pembalap, Saingan Mandalika

Jelang MotoGP Silverstone 2019: Suzuki Rencana Bikin Tim Satelit, Jangan Kalah Dengan KTM

Dovizioso Yakin Bisa Ulangi Taktik Dari Austria Di MotoGP Silverstone 2019

BAGIKAN