nhk

Jelang MotoGP Silverstone 2019: Bos Tech3 Poncharal Sulit Memahi Zarco

ManiakMotor – Bos Tech3 Hervè Poncharal adalah orang yang memperjuangkan Johann Zarco untuk ke KTM MotoGP pabrikan 2019. Bahkan kontrak Zarco dengan pabrikan Austria ini sampai 2020. Poncharal ‘berjuang’ buat pembalap Prancis berdasarkan sepak terjang Zarco bersama Yamaha Tech3 saat itu.

Tapi seperti berita belakangan, Zarco hanya sampai tahun ini bersama KTM, dia frustrasi dan merasa nggak sanggup. Prestasi Zarco bersama KTM sangat negatif. Pembalap asal Prancis itu, jangankan bersaing dengan pembalap papan atas lain dengan teman setim Pol Espargaro juga jauh. Di MotoGP  Austria malah lebih baik pembalap satelit KTM Tech3,  Miguel Oliveira.

“Siapapun akan mengira, dia (Zarco) akan lebih banyak bertarung dengan Pol (Espargarò). Karena keduanya punya level dan menggunakan motor sama. Saya tidak mengerti, mengapa dia tidak sanggup. Rumit untuk memahami alasannya, mengingat KTM telah melakukan pekerjaan luar biasa,” kata Poncharal yang sebelum ke KTM sekitar 20 tahun bekerjasama dengan Yamaha.

Poncharal makin heran, sebab menurutnya KTM sangat pesat perkembangannya. Dia bisa mengukur pada tim yang diasuhnya. Baru lalu atau di MotoGP Austria, Oliveira masuk posisi ke-8. Zarco sendiri, dari 11 seri berlalu posisi terbaiknya ke-10. 

Poncharal yang juga orang Prancis itu menyangkan begitu mudahnya Zarco menyerah pada adaptasi dengan KTM, “Dia mungkin sudah cukup mencoba, tapi ini kan masih banyak waktu. Kontraknya sampai 2020 dan masih ada qaktu satu tahun lebih. Namun keputusan sudah dia ambil dan para pemimpin KTM menghormatinya. Harapan saya dia bisa menemukan tim dengan motor sesuai harapannya. Tetapi sulit baginya untuk menemukan tim lain pada MotoGP 2020,” tambah Poncharal.

Buat Zarco memang jok di MotoGP sudah habis 2020. Dia bisa cuti tahun depan atau pindah ke WorldSBK. Belakangan ada opsi menganjurkan Zarco kembali ke Moto2 yang sebelum dia ke MotoGP dua tahun dia juarai. MM

BACA JUGA

KymiRing Sirkuitnya MotoGP Finlandia 2020: Dites 6 Pembalap, Saingan Mandalika

Jelang MotoGP Silverstone 2019: Kata Pernat, Rossi Disneyland-nya MotoGP, Belum Tertandingi

Jelang MotoGP Silverstone 2019: Suzuki Rencana Bikin Tim Satelit, Jangan Kalah Dengan KTM

BAGIKAN