nhk

Jelang MotoGP Silverstone 2019: RC213V Marquez Nikung 70 Derajat, Sejajar Lintasan

ManiakMotor – Di sirkuit Sachsenring, Jerman, RC213V Marc Marquez mampu menikung dengan kemiringan 65º. Itu membuat para perancang Honda RC213V geleng pale. Mereka pun sampai saat ini belum tahu sampai di mana batas kemiringan motor saat menikung. Yang pasti 65 derajat tersebut sudah sangat miring, tambah 25º lagi sudah rata dengan lintasan. Kalau ada tonjolan mesin, pijakan kaki, bodi dan sebagainya juga nggak akan sejajar dengan lintasan, mentok duluan bro.

Yang termasuk geleng kepalanya alias terheran-heran adalah Takeo Yokoyama. Dia ini yang memimpin proyek Honda MotoGP. Yokoyama yang rambutnya mirip preman pasar itu, hehe, bencada bro, mengakui sudah merancang RC213V milik Marquez lebih spesial.

“Baru lalu HRC memang merevisi ulang posisi pijakan kaki (footstep), fairing, dan setang karena sudah mulai menggesek lintasan. Usai itu, fakta dalam data Marc bisa menikung 65º. Tapi batas kemiringan selanjutnya kami belum tahu. Bisa saja lima tahun ke depan Marc mampu menikung 70º,” papar Yokoyama yang sering disorot kamera setiap kali lomba tersebut.

Sebenarnya, Yokoyama bercerita soal regulasi teknik ke depan. Misalnya soal pembatasan aerodinamis dan berkurangnya jumlah test, akibat membengkaknya jumlah seri MotoGP pada 2021. Lalu berkumpulnya Asosiasi Produsen MSMA membahas perubahan tekniks dengan berkurangnya pengujian tadi.

Tapi yang paling menarik soal derajat kemiringan menikung. Lha, 65 derajat saja sudah terlihat rata dengan lintasan. Macam mana yang 70º? Kalau penulis bilang yang 70 derajat ini bisa saja terjadi, tapi di tikungan yang chamber-nya positif besar. Chamber positif itu mirip di motocross yang disebut berm. Ya kalau mau jelas lagi, seperti landasan awal tong setan.

Kalau tikungannya kedatarannya standar atau bahkan negatif, pasti bodi dan pijakan kaki motor menggesek aspal duluan. Juga yang kemarin dilakukan Marquez di Sachsenring yang 65 derajat juga di tikungan chamber positif. “Tapi begitu memang perkembangan MotoGP modern. Sisi ban saja sudah pesat mampu dapat grip pada kemiringan 65º. Makanya ke depan kami belum tahu batas kemiringannya,” jawab Yokoyama.

Ok sip. Miolo