nhk

Jelang MotoGP Silverstone 2019: Suzuki Rencana Bikin Tim Satelit, Jangan Kalah Dengan KTM

ManiakMotor – Dibanding Suzuki dan KTM, tentu Suzuki lebih banyak jam terbang di MotoGP. Dari segi penjualan juga kayaknya Suzuki lebih unggul tuh, mungkin. Tapi kenapa mereka kalah dengan KTM soal tim satelit di MotoGP???

Saat ini hanya Suzuki dan Aprilia yang hanya melepas dua motor di lintasan. Itu sama dengan nggak punya tim satelit, bro, “Kami sedang mengolah cara untuk mengatur tim satelit. Tapi dipastikan proyek ini tidak akan mungkin berjalan tahun dapan, bahkan di MotoGP 2021,” kata pemimpin proyek MotoGP Suzuki, Shinichi Sahara.

Waduh masih lama dong. Ini karena peraturan FIM dan Dorna untuk MotoGP itu sendiri. Tim sudah penuh dengan 24 motor pada lintasan. Suzuki tinggal berharap pada tim Avintia. Ini adalah tim perorangan yang tersisa tanpa berhubungan dengan produsen. Memang, Avintia saat ini menggunakan mesin Ducati.

Avintia sendiri punya kontrak dengan Dorna berakhir 2020. Tapi dengar-dengar untuk 2021 mereka sudah berbicara dengan Aprilia. Tapi itu semua tergantung Dorna memprioritaskan yang mana??? Tentu juga desakan setiap pabrikan yang saat ini nggak memiliki tim satelit. Juga soal pendanaan yang istilahnya ujung-ujungnya duit.

Sebenarnya, Suzuki sudah lama memimpikan tim satelit. Bahkan, Manajer Suzuki MotoGP si  Davide Brivio pernah bicara pada 2017. Katanya dengan lebih anyak pembalap di trek, Suzuki  akan memiliki lebih banyak informasi. “Sangat kondusif untuk pengembangan dengan dua tim pemakai Suzuki di setiap balapan. Diskusi ini telah berlangsung lama di Suzuki. Saya sendiri sangat berharap akan ada tim satelit Suzuki,” kata Brivio waktu itu.

Jadi kapan dong, ayo cepat..! MM

BACA JUGA

Riset Di Tangan Dani Pedrosa, KTM RC16 Untuk MotoGP 2020 Akan Setara Lawan

MotoGP 2019: Penonton Di Sachsenring 200 Ribu Lebih, Sebagian Besar Fans-ya Rossi

MotoGP 2020: Ducati Lepas Empat GP20 Pabrikan, Dari Hasil Penjualan Unit Sikit..!

BAGIKAN