nhk

Jelang MotoGP Thailand 2018: Crutchlow, RC213V Tandingi Top Speed Ducati

ManiakMotor – Ini cerita Carl Crutchlow yang mengklaim top speed Honda RC213V sudah kalahkan Ducati saat ini. Dia contohkan di sirkuit Aragon yang memiliki trek lurus 968 meter. Di situ RC213V yang kebetulan dilakukannya bisa 341.5 km/jam. Dani Pedrosa juga 341 km/jam. Sementara Ducati yang terkenal dengan kecepatan puncaknya bermain 339 – 340 km/jam.

Hebatnya Honda tanpa menghilangkan kecepatan awalnya (akselerasi) di saat sama Ducati juga membaik di area itu, “Makanya Honda dengan Marc (Marquez) dan dua Ducati bersaing. Mungkin juga top speed saya di FP2 Aragon, terbantu slip streaming Pol (Espargaro),” papar Cruthlow yang bilang rekor top speed Aragon masih dipegang Ducati saat 2015 dengan 345 km/jam lewat Andrea Iannone yang memakai aturan berbeda.

Garis besarnya, Honda punya top speed yang pesat majunya. Padahal tahun lalu nggak sampai segitu, hanya mentok 330 km/jam di Aragon, itu pun Marquez bisa juara dunia. Apalagi sekarang yang tinggal tersisa 5 seri dan Marquez memimpin 72 point. Sikit lagi juara deh.

Lantas, pembalap Inggris yang juga menggunakan RC213V persis milik pabrikan itu, bilang tinggal usaha Honda ke depan. Kekurangan Honda dibanding Ducati pada penggunaan ban, terutama depan, “Honda masih sulit menggunakan ban lembut di depan. Perhatikan, kalau ada pembalap Honda jatuh, berarti itu menggunakan ban lunak depan. Beda dengan Ducati, entah dari planet mana mereka bisa pakai soft depan-belakang saat lomba,” papar Crutchlow lagi.

Bukan tak mungkin top speed tinggi akan ditemui di sirkuit Buriram, Thailand yang minggu ini dipakai untuk ronde 15 MotoGP. Sirkuit ini memiliki trek lurus 1.000 meter. Akan tetapi, keluar dari tikungan terakhir nggak secepat Aragon. Data saat test pramusim 2018 di Buriram top speed di situ 330 km/jam. MM

BAGIKAN