nhk

Jelang MotoGP Thailand 2018: Poncharal, Situasi Yamaha Bagian Dari Perjalanan Balapan

ManiakMotor – Herve Poncharal, bos Tech 3 tinggal tahun ini bersama Yamaha. Dia sudah 20 tahun bersama tim satelit garpu tala. Tahun depan dia sudah bersama pabrikan KTM dan termasuk bagian pengambil kebijakan di sana.

Tapi dia masih berbicara kans tahun ini bersama Yamaha. Mengaku tetap fokus dengan Yamaha lantaran bagian dari profesional, “Awal serial kami kuat dari Johan (Zarco). Paruh kedua, jujur saja lebih banyak dukanya dari pada sukanya,” tutur Poncharal yang menyisipkan tahun depan bisa lebih baik dangan potensi KTM?

Poncharal pun melanjutkan cerita lika-liku balapan. Katanya, hal biasa tiba-tiba berada di atas dengan banyak podium. Hal yang menjadi biasa juga tiba-tiba sangat susah podium, apalagi juara seperti dialami Yamaha saat ini. “Bagi saya itu bagian dari perjalanan balapan. Harus diterima dan berusaha lebih keras lagi untuk bangkit,” tambah orang Prancis yang menyebut Zarco bermasalah dengan mesin dan Hafiz sejak kecelakaan di Montmelo sedikit terpenagruh buatnya.

Itu nasehat bapak yang gondrong ini buat Yamaha, harus bangkit. Karena dia sendiri agak sulit memahami yang terjadi dengan Yamaha di MotoGP. Tadinya mengira, Yamaha bukan motor terbaik di awal musim. Tapi ternyata ‘siksaan’ itu berkepanjangan, “Bahkan di Aragon bisa di belakang Suzuki dan Aprilia di tangan Aleix Espargaro. Jujur saya nggak bisa menjelaskan, kenapa?” lanjut Poncharal.

Selanjutnya dia bicara KTM yang tahun depan bagian dari rutinitas selanjutnya. Katanya, motor ini punya potensi besar. Baru dua tahun saja di MotoGP, ada pembalapnya kadang di atas Yamaha. MM

 

BAGIKAN