nhk

Jelang MotoGP Thailand 2018: Rossi, Kinerja M1 2019 Sama Saja, Yamaha Harus Tahu!!

ManiakMotor – Yamaha M1 2019 disodorkan untuk dicobai Valentino Rossi saat test privat lalu. Tapi Rossi hanya coba sebentar. Pasti nggak tertarik untuk lama-lama duduk di joknya.

Benar! M1 versi 2019 ini kata Rossi hampir sama dengan M1 2018. Artinya sama masalahnya? “Itu motor sudah saya coba. Harapannya ini bukan prototipe yang sudah paling puncak. Jangan hanya versi modifikasi dari 2018, karena sangat indentik,” ucap Rossi.

Tahu kan arah omongan Rossi tersebut. Maksudnya, pabrik Yamaha di Iwata sana harus membuat motor yang benar-benar baru. Motor yang bisa memecahkan masalah sekarang. Persoalan ban dan motor itu sendiri yang terdiri dari elektronik, rangka dan mesin, “Harus kerja keras. Motor harus dibuat lebih bagus,” tambah Rossi yang kemarin mencontohkan program seperti era Masao Furusawa merombak total M1 2004.

Rossi sengaja hanya sebentar mencoba M1 2019, karena memang belum banyak item yang harus dicoba. Karena itu, Rossi ingin ada komunikasi dengan persoalan sekarang. Yang dia keluhkan, nah itulah persoalan. Bukan tuntutan, tapi memang yang harus dibenahi pada M1 edisi selanjutnya.

“Kami dalam masalah besar dari segi teknis. Dari karakter, elektronik dan sebagainya. Terutama bagian belakang, antara ban dan motor tidak satu ritme. Itu yang saya bilang berulang-ulang. Masalahnya sama, dan mereka (Yamaha) harus tahu,” pungkas Rossi yang mulai terbuka bicara apa adanya soal motor.

Maklum sudah menuju ronde 15 di sirkuit Buriram, Thailand pada 6-7 Oktober nanti, telur juara belum pecah. Terakhir manggung podium juara di Assen, Belanda 2017. Wah sudah lama. MM

BACA JUGA

Setelah 23 Seri Tanpa Juara MotoGP 2018, Rossi Teringat Program Furusawa

Pasca MotoGP Aragon 2018: Rossi Mengirim Sinyal ‘Api’ Ke Yamaha, Dijawab Michelin

BAGIKAN