Jelang MotoGP Valencia-2 2020: Yamaha Pasrah, Meregalli Lupakan Gelar..!

ManiakMotor – Matematikanya sampai posisi ke-6 di klasemen MotoGP 2020 masih ada peluang. Termasuk tiga pembalap Yamaha di dalam 6 klasemen tersebut dengan sisa balapan yang ada. Yang sisa ini semakin tipis dengan dua balapan. Tinggal 50 point yang diperebutkan kembali di Valencia kedua pada 15 November 2020.

Tadinya Yamaha berharap besar di Valencia pertama, namun tertimpa situasi nggak enak. Yakni vonis FIM pakai katup ilegal yang nampak memengaruhi para pembalapnya. Mereka langsung tahu persoalan M1. Tadinya masih punya kans sampai Franco Morbidelli di klasemen ke-4 hanya selisih 25 point, usai Valencia pertama langsung renggang 45 point di klasemen ke-5. Demikian pula Maverick Vinales yang start dari pit line dan finsh ke-13. Vinales dari ke-3 ke-4 di klasemen dan sudah berjarak 41 point.

Jangankan Morbidelli atau Vinales, Fabio Quatararo yang tetap kedua di klasemen sudah menipis harapannya, sudah beda 37 point, “Berat untuk berangan-angan juara dunia. Tetapi kami masih akan terus berjuang dengan kemampuan yang ada di sisa seri,” terang Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli.

Soal kelemahan Yamaha ini telah dibeberkan Valentino Rossi. Katanya, antara M1 tahun lalu dan 2020 nggak ada bedanya. Persoalan bukan semata mesin, tapi dua sekaligus dengan tambahan soal grip. Semua tahulah, tahun ini dan tahun depan pengembangan mesin ditiadakan lantaran pertimbangan ekonomi akibat Covid-19.

Bahkan Quartararo walau pun dia juara tiga kali 2020 ini, tapi nggak pernah merasa menyatu dengan M1 2020. Itu dibandingkan saat dia rookie tahun lalu yang menurutnya malah dengan M1 2019 bisa 100 persen satu hati dengan Quartararo yang dari omongannya sangat berat untuk juara dunia tahun ini usai Valencia pertama. Raider

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Jelang MotoGP Valencia-2 2020: Rossi Kelamaan Diskusi Teknis, Masalah Yamaha..!

Pasca MotoGP Valencia-1 2020: Semangat Quartararo Agak Kendur, Ketinggalan 37 Point..!

Pasca MotoGP Valencia-1 2020: Juara Joan Mir Dibantu ‘Tangan-Tangan’ Tidak Terlihat..!