nhk

Jelang MotoGP Valencia 2017: Kalimat Rossi Masih Di Yamaha, Basah Ditanggulangi

46 Rossi 2017

 

ManiakMotor – Kata dan kalimat sebut ‘kami’ dalam pembicaraannya, artinya semuanya. Nggak sebut kami semua sih, tapi penekanan ‘kami’ itu, memang harus dilakukan ke depan semua yang terkait. Sekaligus, isyarat si The Doctor belum ingin pensiun dari MotoGP bersama Yamaha.

Begitu maknanya saat Valentino Rossi membedakan keadaannya ketika di trek basah dan kering. Di Oztrali yang kering dia bisa melawan. “Tapi kenapa saat basah semua berubah total. Itu artinya banyak masalah pada kami saat basah,” sebut Rossi yang kalimatnya jelas memerintah Yamaha.

Sebut ‘kami’ mungkin sekalian rekan setimnya Maverick Vinales lebih parah ketika basah di Sepang, hanya ke-9 dan Rossi sendiri ke-7. Sudah dijelaskan berulang, ketika basah M1 memang punya persoalan. Dari 6 penampilan basah, hanya sekali berhasil di Belanda. Itu pun Rossi doang yang juara dan itu juara satu-satunya di musim ini dari Rossi. Belanda juga sangat dihapal Rossi.

Kepercayaan diri kedua pembalap Yamaha saat basah seperti kucing disiram air. Tahu sendiri kalau si meong basah, mental si meong langsung menciut. Nggak ada pegangan roda ke aspal dibanding motor lawan. Kedua jokinya berjuang keras agar nggak terpeleset. Padahal telah menggunakan ban paling soft untuk basah, tetap saja grip lawan lebih baik.

Di tulisan sebelumnya analisanya rangka dan karakter mesin M1 2017 lebih fokus pada grip banyak pada aspal yang sangat grip. Itu didapat pada suhu sejuk. Tapi saat trek panas sekali, karakternya mirip di lintasan basah yang sama-sama licin. “Kami memang harus memperbaiki diri untuk ke depan,” pungkas Rossi.

Berarti dia masih di Yamaha. Kalau nggak di situ lagi, untuk apa sebut memperbaiki diri. Kiranya begitu. Miolo

BAGIKAN