nhk

Jelang MotoGP Valencia 2018: Rossi Bantah Fisiknya Menurun…!

Siapa pun pembalap pasti ada pasang surut terhadap fisik. Tidak mungkin sepanjang tahun bugar terus. Walau atlet balap motor profesional ada standar paling bawah terhadap stamina.

Itu yang dikatakan Valentino Rossi sekaligus meluruskan dari segi fisik dia sama saja dengan dia masih muda. Mantap! Jatuhnya di Malaysia katanya bukan persoalan fisik, “Dari kondisi fisik saya tidak melihat ada perbedaan signifikan antara awal dan akhir musim,” papar Rossi. Oh kirain pembandingnya saat masih muda.

Omongan Rossi ini sekaligus jawaban untuk dua musim ke depan dan Februari 2019 dia telah berumur 40 tahun. Dia mengaku, motivasinya masih sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya. Nggak ada bedanya umur bertambah, tetap gas terus dan kejar prestasi.

Menurutnya memang, cerita sepanjang musim ada pasang surut dari fisik pembalap. Itu bukan saja dialaminya, tapi siapa pun itu atlet yang ikut full series. Misalnya terganggu kehidupan pribadi, hubungan sesosial, berlibur dan itu menganggu mencurahkan latihan yang terbaik.

Rossi berjanji untuk kontrak dua musim ke depan, dia akan pompa keras fisiknya. Tujuannya menjadi yang teratas dan kuat bertempur di MotoGP. “Nggak masalah, fisik turun sedikit asal konsisten setiap balapan. Tapi dengan pengalaman saya bertahun-tahun, Anda tidak bisa memaksakan semuanya 100%, kadang-kadang tubuh memutuskan sendiri,” tutup Rossi.

Pernyataan Rossi ini sama saja, persoalan saat ini bukan dari pembalap, tapi dari motor. MM

BAGIKAN