nhk

Jelang MotoGP Valencia 2018: Rossi vs Vinales, Potensi Berebut Kekuasaan

25 Vinales dan Rossi Jepang 2018
25 Vinales dan Rossi Jepang 2018

ManiakMotor – Kedudukan saat ini 1 – 0 buat Maverick Vinales terhadap Valentino Rossi di kubu Yamaha MotoGP. Itu hasil kemenangan Vinales di Australia. Vinales juga yang menyelamatkan wajah Yamaha dari 25 laga tanpa juara seri. Sedang Rossi hanya nyaris melakukannya di Malaysia.

Situasi selanjutnya diprediksi keduanya akan berebut kekuasaan. Yang memprediksi Neil Hodgson yang mantan pembalap WSBK dan MotoGP era 2000-an awal. “Yamaha harus berhati-hati. Memang Valentino masih menjadi ikon MotoGP, namun ada pembalap muda bersama mereka yang sangat berpotensi,” kata pembalap Inggris yang pernah memperkuat Ducati.

Menurut Hudgson, Yamaha pasti mengerti untuk mengelola hal tersebut. Yamaha punya pengalaman yang banyak memanajemen timnya. Jangan sampai terjadi seperti Rossi dengan Jorge Lorenzo. Keduanya selama satu tim lebih banyak konfliknya sampai-sampai paddock harus ada pembatas.

Hudgson sangat yakin potensi Vinales vs Rossi ini akan perkembangan M1 sejak dari Thailand. Dia menduga sudah ada temuan-temuan untuk mengatasi keadaan yang ‘pahit’ dari 25 seri tanpa juara. Maka tahun depan keduanya akan saling berhadapan di papan atas.

Namun Hudgson mengingatkan Yamaha harus membagi perhatian pada dua pembalap tersebut. Katanya – ya kata Hudgson – jangan terlalu sibuk melayani Rossi ketimbang Vinales, “Yamaha jangan terkonsentrasi pada Valentino. Baru lalu Vinales merasa tak puas dengan motornya, sebenarnya itu sindiran pada Yamaha dan Rossi. Itu yang harus diatasi,” pungkas Hudgson. MM