nhk

Jelang MotoGP Valencia 2019: Rossi Beri Kode Pada Yamaha, Quartararo Dibidik Semua Merek

ManiakMotor – Memang benar, sejak Marc Márquez rookie menonjol 2013, baru datang sosok Fabio Quartararo. Dia gemparkan jagat MotoGP di musim pertamanya alias 2019. Enam kali pole position dengan beberapa rekor baru. Dengan M1 pula meraih enam podium dalam dua belas balapan sejak Barcelona pada Juni. Juga mampu menantang juara dunia di Misano dan Buriram hingga tikungan terakhir.

Pembalap berusia 20 tahun dari Prancis ini tak ayal diprediksi jadi rebutan merek, bukan lagi tim untuk 2021. Kalau merek artinya jadi pembalap utama di pabrikan. Kalau tim, bisa saja satelit, “Itu sudah pasti. Karena Fabio apasti akan naik level. Dia aset elama sepuluh tahun ke depan,” kata manajer tim Ducati, Davide Tardozzi. 

Tardozzi tidak malu-malu termasuk Ducati akan menawarkan jok Desmosedici pada Quartararo untuk 2021, “Saya rasa bukan hanya Ducati. Fabio akan memiliki penawaran dari enam produsen yang ikut MotoGP. Rayuan itu sudah dimulai saat uni untuk 2021,” tambah Tardozzi. Padahal desas-desus, pabrikan dari Borgo Panigale itu akan mentransfer Jack Miller untuk ti tim pabrikan dan mengorbankan Danilo Petrucci.

Kata Tardozzi, Quartararo langsung mengubah pasarnya sendiri sebagai rookie MotoGP dalam waktu tujuh bulan. Menurutnya setiap tim pasti memahami bisnis tersebut. Bahkan Yamaha untuk ‘mengunci’ anak ini langsung mengumumkan, Quartararo akan mendapatkan mesin A-spec untuk 2020. Itu mesin sama dengan yang dikebut Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Masih menurut Tardozzi yang rupanya sangat tertarik pada Quararo dan tidak malu-malu dia lontarkan langsung ini, bahwa itu anak punya kelebihan. Dia contohkan, Quartararo selalu melacak kemampuan terakhir atau limit motor. Potensi ini menurutnya akan terus berkembang dan bahkan jauh lebih besar dari sekarang. “Fabio menerima tawaran tertinggi beberapa bulan ke depan sampai awal 2020, demi untuk 2021. Jika saya manajernya, saya akan menunggu,” pungkas Tardozzi.

Namun melihat dari gelagat, omongan Tardozzi sudah diantisipasi Yamaha duluan. Selain mesin spek A tadi, juga ultimatum Valentino Rossi. Kata pemain paling senior di MotoGP itu, Quartararo layak berebut titel untuk 2020. “Dia sangat cepat. Dia berhak untuk berebut juara dunia 2020. Layak juga menantang Marc (Marquez) untuk perebutan titel itu,” kata Rossi yang artinya kode pada Yamaha untuk memagari anak ini dan memberi prioritas. Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Valencia 2019: Lorenzo, Honda Fokus Top Speed, Tikungan Marquez Sanggup

Jelang MotoGP dan Moto2 Valencia 2019: Bersaudara Marquez Rayakan Juara Dunia Di Cervera

MotoGP 2020 Umur 41 Tahun Rossi Klaim Bisa Juara Dunia Ke-10, Caranya?

Andi ‘Gilang’ Gantikan Dimas Ekky Di Moto2 2020

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353