nhk

Jelang MotoGP Valencia 2019: Tester HRC Kritik Lorenzo Dan Crutchlow, Malas Pakai Rem Belakang..!!

06 Bradl 2019 Tester HRC

ManiakMotor -Jorge Lorenzo berkali-kali mengeluh soal RC213V 2019 kurang enak masuk tikungan. Omongannya sangat didukung Cal Crutchlow yang pakai RC213V milik LCR Honda.  Bagian belakang RC213V di tangan keduanya seperti ketinggalan ekor. Alias nggak seirama masuknya dengan depan di depan mulut tikungan.

Padahal menurut Stefan Bradl, karena kedua pembalap itu berbeda dengan Marc Marquez memperlakukan RC213V. “Marquez selalu menggunakan rem belakang untuk mempercepat perubahan arah motor. Lalu diiringi dengan kaki keluar dari footstep untuk membantu  stabilitas motor, karena ini gaya balap modern. Herannya, Jorge dan Cal tidak melakukannya. Saya sih pakai,” kata Bradl yang jadi tester HRC terasebut dan saat Lorenzo istirahat sakit dia yang menggantikan di Repsol Honda Team.

Kalau rem belakang memang di kaki kanan yang kiri itu tuas persneling bro. Marquez memang selalu memanfaatkan momentum yang komplit di depan tikungan. Tangannya sangat kuat menahan setang dengan pengereman dekat yang dibantu rem belakang sekaligus engine brake. Tapi engine brake sekelas MotoGP, sangat kecil ngaruhnya. Lha wong rasio percepatannya sangat close. Belum lagi pengapiannya yang sudah racing.

Pada akhirnya Marquez memanfaatkan rem belakang untuk mengarahkan motor. Tapi sebenarnya itu bukan hanya rem belakang seperti kata  Bradl. Akan tetapi bagian dari seluruh gerakan badan Marquez yang memang karakternya begitu. Jadi itu RC213V sudah sehati dan sejiwa dengan pergerakan Marquez yang nampak ‘kasar’, maksudnya agresif.

Nah itu yang dituntut Bradl dari Lorenzo dan Crutchlow. Karena terutama Lorenzo punya tipe membalap yang halus. Lorenzo ini pembalap yang nggak pernah kelihatan berbelok dengan mengepepotkan roda belakangnya. Trik menikungnya bulat-bulat dengan putaran mesin yang on throttle. Jadi, nggak penting-penting amat menggunakan rem belakang.

Makanya itu, Lorenzo dan Crutchlow menuntut HRC untuk menciptakan, RC213V yang bisa dikebut semua pembalap yang naik. Oke deh, lihat saja di Valencia, Spanyol pada 13 – 17 November 2019, pekan ini yang disusul tes resmi 2020 di sirkuit yang sama dua hari kemudian. Katanya sih HRC sudah membawa RC213V 2020 yang sudah seperti tuntutan Lorenzo dan Cruthlow. MM


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353