Jelang MotoGP Valencia 2020: Asli Pakai Ban Asimetris, Kiri Mulu….!

ManiakMotor – Sirkuit Valencia atau terkenal dengan Circuit Ricardo Tormo di Spanyol, punya panjang total 4 km dengan 14 tikungan yang 9 ke kiri dan 5 kanan memiliki trek lurus 876 meter. Minggu ini dia akan dipakai untuk ronde 12 MotoGP pada 8 November 2020 dan seminggu kemudian digunakan juga.

Perhatikan jumlah tikungannya kebanyakan kiri, karena memang sirkuitnya berlawanan arah jarum jam alias anti-clockwise. Maka ban yang diproduksi Michelin pun khusus Valencia disebut asimetris yang lawannya simetris. Maksudnya, kompon sisi kiri ban di Valencia memang khusus. Ya khusus tebal dan khususn tahan menikung kiri yang banyak. 

“Valencia adalah lintasan yang teknikal, terus berliku dan sempit. Bahkan berlawanan arah jarum jam. Ini membutuhkan rangkaian ban Michelin Power Slicks yang sepenuhnya asimetris. Dan inilah sirkuit satu-satunya yang sebenarnya butuh ban asimetris,” terang Piero Taramasso, manajer Michelin khusus balapan roda dua.

Kontak ban dengan aspal menghabiskan banyak waktu pada sisi kiri dan tidak pernah ada jedanya. “Sedang kanan, hanya sikit singgungannya. Tapi butuh cepat panas juga. Karenanya, harus menemukan kompromi yang tepat untuk memuaskan pembalap, tanpa melupakan kondisi cuaca dan karakteristik lintasan,” tambah Taramasso.

Taramasso juga tidak khawatir dengan suhu Valencia, lantaran selama ini sirkuit tersebut digunakan untuk seri penutup MotoGP yang biasanya diadakan awal November. Miriplah dengan keadaan 2020 ini yang juga diadakan awal bulan sama. Raider

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Jelang MotoGP Valencia 2020: Selasa Tes Covid-19 Rossi Masih Positif, Penggantinya Siap..?

Jelang MotoGP Valencia 2020: Pengumuman Honda Soal Marc Marquez, Balap Atau Tidak..?

Kalender MotoGP 2021 Kembali 20 Ronde, Dorna Tangguh Protokol Covid-19..!

Jelang MotoGP Valencia 2020: Perjalanan Balap Joan Mir, Orang Tua Nggak Punya Uang..!

BAGIKAN