Jelang MotoGP Valencia 2020: Perjalanan Balap Joan Mir, Orang Tua Nggak Punya Uang..!

ManiakMotor – Pada 2015 Joan Mir ditawarkan pada tim-tim Moto3 dan Moto2. Karena Mir runner-up Rookie Cup 2014 dan juaranya saat itu Jorge Martin. Tidak ada satu tim pun menginginkan dia, termasuk dari kejuaraan dunia Dunia Supersport.

“Mau bagaimana, orang tua Joan tidak cukup dana. Saat itu hanya bisa menawarkan bakat Mir,” kenang Paco Sanchez, manajernya si Mir yang saat menuju ronde 12 MotoGP di Valencia, Spanyol pada 8 November 2020 ini sedang memimpin klasemen di kelas paling tinggi. Juga jadi catatan dari 11 seri lalu MotoGP, Mir belum pernah juara.

“Untung saya dapatkan sejumlah uang. Saya hanya bisa menempatkan Joan di salah satu tim CEV Moto3 yang termiskin. Pada 2015 ia pakai motor lansiran 2012, dan itu melawan tim-tim dari Alzamora-Monlau dan Ajo Motorsport yang timnya juga ada di Moto3 dan Moto2 dunia. Joan bisa menang dua seri pertama,” tambah Paco.

Singkat cerita untuk 2016 si manajer mendapat kontrak dengan Leopard-KTM di Moto3 dunia. Saat itu Mir memenangkan GP Austria dan mendapat beberapa podium lagi dan peringkat 5 klasemen. Setahun kemudian dengan Leopard merebut juara duni Moto3 2017.

Kisah berlanjut di Moto2 hanya setahun dengan tim Marc VDS dan akhir klasemen ke-5. Namun tawaran untuk MotoGP tiba-tiba memludak dari Ducati, Honda dan sampeyan sendiri tahu sekarang dengan Suzuki. Tahun lalu atau 2019 di klasemen akhir ke-12.

“Joan salah satu dari remaja yang mengorbankan masa kecil untuk balap. Dia memasuki Kejuaraan Dunia pada usia 18 dan menjadi pembalap MotoGP usia 21. Saya menganggap sistem ini patut dicontoh. Jadi kami membiarkan para atlet memiliki masa kecil mereka, mereka dapat melepaskan semangat dan pergi ke sekolah. Dan ketika mereka datang ke Piala Dunia, kami tidak harus bernegosiasi dengan orang tua atau kakek nenek; sebaliknya, pembalapnya sudah cukup umur dan berwenang untuk menandatangani. Mereka bukan lagi anak-anak dan sadar bahwa olahraga ini juga bisa berbahaya,” tutup Paco.

Begitulah kalau memang menuju bintang. Raider

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Jelang MotoGP Valencia 2020: Konsesi KTM Hilang, Pedrosa Gencar Uji RC16 Prototipe 2021

MotoGP 2020: Lorenzo Masih Berharap Dipakai Yamaha, Aprilia Untuk Pelarian..!

Pasca MotoGP Aragon-2 2020: Joan Mir Memang Lagi Meniti Juara Dunia..!

BAGIKAN