nhk

Jelang Pirelli MotoPrix Sentul Kecil 2019: Ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II, Gripnya Konstan Terus

Pirelli ukuran 100/80-17. Paling top

ManiakMotor – Varian ukuran dan kompon ban Pirelli di MotoPrix (MP) Indonesia terus disempurnakan. Sesuai dengan riset dan tuntutan kelas yang dilombakan di MP. Kalau soal basis, jangan ragu dan bimbang bro. Ini ban penggalan dari kompon yang dipakai di WorldSBK. Saat disebut Pirelli Diablo Rosso Corsa II.

“Ban yang saya butuhkan di balap motor kejurnas bebek, bukan hanya gripnya. Tapi juga daya tahannya. Ternyata dua-duanya ada pada Pirelli Diablo Rosso Corsa II,” sebut Rafid Topan Sucipto, pemain papan atas balap bebek dan sport. Iya di MotoPrix Expert dia ikut dan AP250 ARRC juga dihitung.

Saat ini kelas kejurnasnya memang semua bebek dengan mesin berdiri. Yakni Bebek 150 4T TU Expert yang dulu MP1, lalu ada Bebek 4T 150 Novice yang dulu disebut MP3 dan Bebek 150 4T Std Rookie yang sebelumnya dikenal dengan MP5. “Dalam perkembangannya di kelas ini, Pirelli Indonesia memperbaiki profile. Terutama  dua radius profile yang berbeda,” timpal Andre Satrio, Manager Moto Sport Pirelli Asia.

Profile tersebut pertama pada center area. Ini agar kontaknya saat motor tegak akan ada minimalist bersinggungan dengan aspal. Tujuannya laju motor di trek lurus lebih baik. Tapi  di saat sama tetap lincah berkendara. Yang kedua pada area shoulder yang lebih besar. Area shoulder ini menciptakan riding feeling pembalap saat menikung. Pembalap dapat menambah laju pada rolling speed yang didukung dengan pattern pada area shoulder.

Dengan kebutuhan ini, awalnya Pirelli untuk bebek cuma dicetak 90/90-17, saat ini sudah ada varian 90/80-17. Ada juga 100/80-17 atau 110/80-17. “Yang sering digunakan adalah 100/80-17. Di sirkuit semipermanen, menurut pembalap enak untuk membolak-balik motor,” timpal Robert Chong yang juga distributor ban yang semi slick alias masih ada kembangnyanya tersebut. Makanya kalau hujan gerimis sikit, tanpa harus ganti ban basah segera.

Ok kita tunggu aksi ban ini di Sentul Kecil pada MotoPrix region Jawa pada 24 – 25 Agustus 2019. Sirkuit ini barusan dibenahi dengan aspal mulusnya. Apakah pecah rekor di situ. MM

BAGIKAN