nhk

Jelang Race MotoGP 2019: Quartararo vs Vinales, Sesama M1 Kencang

Quartararo dan Vinales

ManiakMotor – Kecuali FP3 posisi Maverick Vinales (Monster Yamaha) menjauh dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha). Kedua penggeber M1 ini di sirkuit Assen, Belanda sering berdekatan dari sesi latihan bebas sampai kualifikasi. Ya kecuali FP3 tadi, Vinales jadi ke-5 dan Quartararo tercepat. Selebihnya, bila Vinales tercepat Quartararo kedua, begitu sebaliknya walau lebih banyak si Prancis tercepat.

Sampai Q2 si Quartararo tercepat Vinales kedua. Saat balapan Minggu 30 Juni 2019 di Assen, Quartararo di grid 1 dan Vinales grid 2. Tarung sesama M1 yang satu milik satelit Petronas Yamaha dan satunya pabrikan Monster Yamaha, “Sebenarnya saya bisa lebih cepat lagi. Sayang motor sikit goyang di sektor terakhir Q2,” papar Quartararo yang dapat pole ke-3-nya di Assen ini. Quartararo juga mengganti rekor termuda Marc Marquez yang bisa pole berturut di MotoGP pada umur 20 tahun 70 hari. Marquez berumur 20 tahun 210 hari melakukannya 2013 dari Silverstone ke Misano.

Sementara, Vinales lebih suka membandingkan motornya dengan milik teman setimnya sesama pabrikan, Valentino Rossi. Dia heran di saat motornya lagi enak-enaknya, justru punya Rossi sangat sulit kencang di Assen. “Susah membandingkannya, tergantung sirkuit dan situasi. Kali ini saya dan motor kencang. Di Catalunya kami berdua sama-sama cepat,” papar Vinales.

Sedang Quartararo lebih banyak cerita soal dirinya. Katanya, semua balapan akan sulit, terutama manajemen ban kertika suhu lintasan meningkat, “Di Assen adalah balapan yang panjang, 26 lap. Akan banyak pembalap dalam satu grup. Harus berjuang,” tambah Quartararo tanpa sebut Vinales walau sering bersaing pada semua sesi.

Demikian juga Vinales, nggak sebut-sebut Quartararo. Dia malah sikit meluruskan candaan Rossi yang bilang kali ini giliran dia dapat motor kencang dari Yamaha, “Tidak ada bagi-bagi motor kencang di ronde berikutnya Valentino dan berikutnya lagi saya,” senyum Vinales dan mengaku M1-nya bisa laju lantaran dari ronde-ronde sebelumnya sudah ketemu grip roda depan yang membuatnya percaya diri. M11

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda 2019 Moto2 dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Jelang Race MotoGP Assen 2019: Rossi Masih Berkutat Dengan Setelan M1

Jelang Race MotoGP Assen 2019: Marquez Beda Geber Tangki Penuh Dan Kualifikasi

BAGIKAN