nhk

Jelang Race MotoGP Amerika 2019: Lintasan Bergelombang, Rossi Andalkan Stabilitas M1

ManiakMotor – Catatan 2 menit 4.060 detik dibikin Valentino Rossi saat Q2 di sirkuit Austin, Amerika pada Sabtu 13 April 2019 membuatnya start dari front row. Dia kedua alias start dari grid 2. Itu menandakan M1 berlari di sirkuit Austin yang teknis dan bergelombang itu telah mumpuni.

Dan diakui Rossi saat ini M1-nya memiliki stabilitas yang baik menangkis lintasan Austin yang bergelombang. Juga punya balance yang cukup diajak menari di 20 tikungan yang rapat, “Sejak dari Argentina saya nyaman dengan motor. Tetapi saat Q2 di Amerika ini mungkin lebih kuat,” kata Rossi yang mensyukuri badai dan hujan di Austin berhenti dan saat Q2 lintasan berhasil kering.

Stabilitas yang disebut Rossi pada M1-nya adalah motor lebih diam. Kendati di saat yang sama seluruh peserta mengeluh akan gelombang lintasan yang bikin ‘mantul-mantul’ motor mereka. Termasuk Marc Marquez yang pole position, RC213V-nya nggak pernah diam dan terus berguncang di lintasan bergelombang Austin. Ini pun menurut Marquez harus dicari solusi agar motornya lebih tenang di trek keriting.

Beda dengan M1 Rossi yang tenang di jalur bergelombang. Termasuk meliuk-liuk di tikungan dan tetap stabil pada pengereman keras khas Austin, “Titik kuat dari Yamaha soal stabilitas. Bisa saja, M1 punya beberapa masalah lain, tetapi motor ini tenang di sirkuit bergelombang. Saya pikir, itu adalah karakteristik M1,” tambah Rossi yang di FP2 sempat ketiga.

Bagi Rossi start dari barisan depan sangat menguntungkan. Dan itu front row pertama Rossi musim ini. Rossi siap dengan bekal tampil baik dari sesi latihan dari menggunakan ban balap dan baru. Tinggal doa. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Amerika 12 – 14 April 2019 Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Jelang Race MotoGP Amerika 2019: Marquez Akan Setting Guncangan RC213V Di Trek Bergelombang

MotoGP Amerika 2019: Tanpa FP3 Langsung Ke Sesi FP4, Marquez Tercepat Dibayangi Rossi

FP3 WSSP 300 Assen 2019: Galang Hendra Ke-10, Di WSBK Bautista Pole Position

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353