nhk

Jelang Race MotoGP Amerika 2019: Marquez Akan Setting Guncangan RC213V Di Trek Bergelombang

ManiakMotor – Setelah dikalahkan Maverick Vinales di FP2, Marc Marquez kembali muncul di FP4 dan sesi krusial Q2 MotoGP di sirkuit Austin, Amerika pada Sabtu 13 April 2019. Marquez tampil dengan energik di sirkuit teknik tersebut dan membuatnya pole position.

Sabtu pagi di sirkuit Austin dilanda hujan deras dan badai. Maka jalannya race ke race MotoGP sempat tertunda dan bahkan sesi FP3 semua kelas ditiadakan. Sesi MotoGP langsung memainkan FP4 yang langsung dirajai Marquez, “Sabtu adalah hari yang aneh. Awal FP4 saya pakai ban hujan, namun separuh sesi kondisinya tepat untuk slick. Tapi tim segera menghentikan saya agar mengurangi risiko,” papar Marquez yang akhir sesi tetap pakai slick membuatnya yang tercepat di FP4.

Lanjut ke Q2, kembali Marquez dapat celah memecut RC213V-nya. Bahkan saat itu belum semua lintasan kering total. Dengan penggunaan ban segar pertama dia telah mencetak 2’03.787. Dan itulah catatan tercepat Q2 yang artinya Marquez pole position. 

Ada apa ban segar kedua nggak menajan waktunya? “Ban pertama sangat enak. Sedang ban kedua terlalu banyak saya melakukan kesalahan. Saya melebar-lebar. Tapi itu pun, tidak terlalu buruk, ‘3,8. Minggu masih harus kerja keras, masih ada masalah pada motor dan harus dicoba di sesi pemanasan. Terutama untuk kecepatan balapan yang konstan,” tambah Marquez yang mengakui bekas operasinya di Austin kembali terasa.

Menurutnya, Austin yang banyak pengereman deras membuat bekas operasinya kambuh. Dia harus menkompres bahunya untuk menghilangkan rasa ngilu. Di saat sama, motornya belum terlalu nurut dan diam. Di beberapa lokas Austin yang bergelombang dia harus kerja keras menahan motor bergoyang dan mengayun.

Intinya kalau dilihat setiap melintas di lintasan bergelombang, RC213V Marquez masih berguncang keras. Gejala ini yang coba diredam dengan set-up yang lebih prima. Termasuk getaran yang muncul saat angin kencang yang ada di Asutin menerpa motornya. Makanya saat penggunaan ban segar kedua, dia nggak bisa full throttle.

Marquez juga menunjuk dua Yamaha pabrikan bisa saja menjadi lawannya. Keduanya punya kecepatan yang baik. Termasuk spoiler pada lengan ayun motornya yang Jumat digunakan, tapi Sabtu malah dilepas, “Alat itu masih akan dipelajari lebih lanjut,” kata Marquez.

Sementara ada perkembangan dari teman setimnya. Jorge Lorenzo mampu lolos dari Q1 ke Q2. Sayang di Q2, Lorenzo belum sepenuhnya bisa menguasai RC213V. Lha, iyalah masih cidera. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Amerika 12 – 14 April 2019 Moto2 Dan Moto3

Q2 MotoGP Amerika 2019: Kualifikasi Marquez Pole Position Dan Rossi Ke-2

MotoGP Amerika 2019: Tanpa FP3 Langsung Ke Sesi FP4, Marquez Tercepat Dibayangi Rossi

FP3 MotoGP Amerika 2019 Ditunda Karena Hujan, Sedang Race-1 World Superbike Assen Digeser Minggu

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353