nhk

Jelang Race MotoGP Argentina 2017: Pembalap Satelit Di Front Row, Handicap Buat Rossi Cs

MotoGP Argentina 2017

ManiakMotor – Q2 atau kualifikasi utama memang berjalan tidak normal. Sabtu 8 April 2017 di sirkuit Termas, Argentina memang basah. Hujan sedang berlangsung sejak sesi kualifikasi Moto3 dan belanjut ke Q2. Di beberapa bagian di Q2 ada yang mengering dan didominasi basah. Bingunglah para joki.

Hasilnya grid di front row juga kurang normal dengan ada dua pembalap satelit. Apalagi di situ ada Karel Abraham yang membela Pull&Bear Aspar Team Ducati. Juga ada Cal Crutclow dari LCR Honda Honda. Cerita Crutchlow memang sudah biasa bikin terobosan. Tapi si Abraham?

Abraham ini tahun lalu hilang dari MotoGP. Dia kembali tahun ini berpasangan dengan Alvaro Bautista. Pembalap yang dulunya selalu kelas dua di kelas para raja dan sampai sekarang di tim satelit. Memang saat kering dia ada kejutan ketiga di FP2. “Di hati dan rencana tim, tahu yang dibutuhkan pada saat lomba,” sebut Abraham berdiplomatis yang memang tahu diri sosoknya berada di front row.

Crutchlow malah lebih tahu diri dalam bercerita dapat durian runtuh berada di posisi kedua persis di samping grid Marc Marquez yang pole position. Katanya dia berada di situ karena situasi yang tidak normal. Hujan dimanfaatkan dengan beberapa variasi setelan basah. “Balapan lebih suka kering. Tapi kalau kering jujur saja, motor belum memiliki kecepatan untuk masuk tiga besar. Mungkin lima besar,” jujur Crutchlow yang memang ceplas ceplos.

Persis di belakang Crutchlow dan Abraham masih ada pembalap satelit lain, Danilo Petrucci dari OCTO Pramac Racing Ducati. Jadi memang lima besar ada tiga pembalap satelit yang menjadi penghias dua baris depan saat start. Bua para kandidat juara yang diunggulkan mereka sabagai tantangan harus dilewati segera di awal-awal lap.

Kecuali, kembali balapan berjalan dalam kondisi trek yang tidak normal alias basah, peluang para joki satelit ini tetap terbuka. Kan prinsif hujan tak perlu tenaga besar. Justru tenaga pas-pasan akan lebih enak mengontrol motornya. Andai kering, mereka menjadi handicap m Valentino Rossi, Maverick Vinales, Dani Pedrosa dan sebagainya yang punya motor konsisten mencetak waktu rata-rata saat balapan. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Argentina 7, 8, 9 April 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN