nhk

Jelang Race MotoGP Argentina 2018: Dovizioso Yakin Podium, Alasan Lorenzo Nyamuk?

ManiakMotor – Klaim Andrea Dovizioso jika hujan dia akan bisa podium. Alasannya, susunan set-up motornya lebih banyak dibangun dalam keadaan basah, ketimbang kering. Nggak masalah posisinya start dari grid 8 pada race Minggu 8 April 2018.

Fakta hujan saat bergulat di Q1, dia bisa lolos ke Q2 dan sempat bermain di papan atas di sirkuit Rio Hondo. “Jika lombanya hujan, saya akan kompetitif. Termasuk dalam kondisi campuran basah-kering, kecepatan saya menjanjikan. Pokoknya lebih baik hujan,” sebut Dovi yang menang di ronde pertama tersebut.

Beda lagi kalau kering, Dovizioso ora iso janji opo-opo. Sebab, penyetelan motor untuk kering ini sangat terbatas. Sirkuit Rio Hondo dalam dua hari sesi latihan kebanyakan basahnya ketimbang kering. Makanya dia sempat berjuang dulu dari Q1.

Lagi pula, kalau kering, sirkuit Rio Hondo ini kurang bersahabat dengan Ducati. Banyak jebakan tikungan yang perubahan arahnya tiba-tiba, “Saya yakin lomba akan pakai ban hujan. Soalnya kalau kering, waktu nyetingnya sangat sedikit,” tambah Dovi yang dari omongannya berharap balapan hujan.

Mirip-mirip dengan Jorge Lorenzo, rekan setim Dovizioso. Kata Lorenzo seharusnya di saat hujan itu dia bisa cepat dan bisa singkirkan Dovi di Q1. Soalnya di sesi akhir Q1 itu dia sudah kedua. Lalu datang Aleix Espargarro yang menggesernya dan datang pula Karel Abraham yang pakai helm NHK menggesernya jadi ke-4 dan kalau digabung dengan Q2, Lorenzo start dari grid 14.

“Visor (kaca helm) saya kena nyamuk. Jadi saya harus membersihkannya masuk pit. Sayang di pit ada salah paham, ban malah diganti yang slick, itu belum waktunya. Kejadiannya persis di akhir sesi Q1 dan tak bisa memperbaiki waktu. Padahal dalam keadaan basah dengan ban basah, saya salah satu pembalap tercepat,” sebut Lorenzo yang menyalahkan nyamuk atau yang ganti ban nih? MM